Hubungan Motif Penggunaan Informasi dalam Beauty Journal dengan Kepuasan Pengunjung Website Sociolla.com (Survei Terhadap Perempuan Pengguna Situs Sociolla.com)

Disha Naftali, Farid Rusdi
| Abstract views: 173 | views: 137

Abstract

Many ways are used to support the appearance properly one of which is to treat the body and use beauty products. Many quality products offered by Sociolla.com sometimes make users also confused to choose the best product for their conditions. With the Beauty Journal feature, users can find out in advance superior products that are in accordance with the user's skin condition, based on price, based on local brands and others. The purpose of this study was to determine the effect of the relationship between the motives for using information in the Beauty Journal with the satisfaction of Sociolla.com website visitors. This study uses a quantitative approach. The theoretical foundation used in this research is uses and gratification and online media. The independent variable in this study is the motive for using Beauty Journal information and the dependent variable is the level of satisfaction of website visitors at sociolla.com on the information in the Beauty Journal feature. Researchers used a purposive sampling technique with 100 respondent sample. Data collection was carried out by distributing questionnaires in the form of Google Forms consisting of 30 indicators. Data analysis techniques used correlation coefficients, simple linear regression analysis and coefficient of determination. The final result obtained is the motive for using information in the Beauty Journal to influence the satisfaction of visitors to the website sociolla.com.

Banyak cara yang digunakan untuk menunjang penampilan dengan baik salah satunya adalah dengan merawat tubuh dan menggunakan produk kecantikan. Banyak produk yang berkualitas yang ditawarkan oleh Sociolla.com terkadang membuat pengguna juga bingung untuk memilih produk yang terbaik untuk kondisi mereka. Dengan adanya fitur Beauty Journal, pengguna bisa mencari tahu terlebih dahulu produk unggulan yang sesuai dengan kondisi kulit pengguna, berdasarkan harga, berdasarkan merek lokal dan lain-lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hubungan motif penggunaan informasi dalam Beauty Journal dengan kepuasan pengunjung website Sociolla.com. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uses and gratification dan media online. Variabel independen pada penelitian ini adalah motif penggunaan informasi Beauty Journal dan variabel dependen adalah tingkat kepuasan pengunjung website sociolla.com terhadap informasi dalam fitur Beauty Journal. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner berupa Google Forms yang terdiri dari 30 indikator. Teknik analisis data menggunakan koefisien korelasi, analisis regresi linear sederhana dan koefisien determinasi. Hasil akhir yang diperoleh adalah motif penggunaan informasi dalam Beauty Journal berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung website sociolla.com.

Keywords

online media; sociolla.com; uses and gratification

Full Text:

PDF

References

Clairine, Felicia & Widayatmoko. (2019). Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Instagram @sisilism Terhadap Kepuasan Followers Terkait Sex Education. (n.d.). R trieved April 24, 2020, from https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/6213

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kriyantono, Rachmat. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Santana, Septiawan. (2005). Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Santoso, Singgih. (2010). Statistik Parametrik, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS. Cetakan Pertama. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Elsa & Erdiansyah, Rezi Erdiansyah. (2018), Pengaruh Motif Penggunaan Media dan Kualitas Informasi Terhadap Kepuasan Pembaca Detikcom. (n.d.). Retrieved April 15, 2020, from http:// journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/3898

Copyright (c) 2021 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.