Strategi Komunikasi Pemasaran Adroady Media dalam Memperkenalkan Car Videotron Sebagai Media Iklan Luar Ruang Baru

Main Article Content

Angellisa Salim
Gregorius Genep Sukendro

Abstract

This study discusses Adroady Media's marketing communication strategy in introducing Car Videotron as a new outdoor advertising media. The purpose of this research is to find out how the marketing communication strategy used by Adroady Media companies in promoting new outdoor advertising media is Car Videotron to be known by consumers and potential customers. This type of research used by researchers is to use descriptive qualitative methods. Data collection techniques are done through observation, in-depth interviews and through literature and internet studies. Researchers use several theories to support this research, namely advertising, marketing communication strategies, outdoor media, new media. The results of this study indicate that the marketing communication strategy adopted by Adroady Media is to use 3 types of communication media, namely personal selling, direct marketing, and events or experiences. From these three media, it can be concluded that personal selling is the most effective media used in Car Videotron marketing. With personal selling, the company Adroady Media can establish good relationships with consumers and potential customers and build good relationships.

 

Penelitian ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran Adroady Media dalam memperkenalkan Car Videotron sebagai media iklan luar ruang baru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan perusahaan Adroady Media dalam mempromosikan media iklan luar ruang baru yaitu Car Videotron agar dikenal oleh para konsumen, dan calon konsumen. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam serta melalui studi kepustakaan dan internet. Peneliti menggunakan beberapa teori untuk mendukung penelitian ini yaitu periklanan, strategi komunikasi pemasaran, media luar ruang, new media. Dari hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Adroady Media yaitu menggunakan 3 macam media komunikasi yaitu personal selling, pemasaran langsung, dan acara atau pengalaman. Dari ketiga media tersebut, dapat disimpulkan bahwa personal selling merupakan media yang paling efektif digunakan dalam pemasaran Car Videotron. Dengan personal selling, perusahaan Adroady Media bisa menjalin hubungan yang baik dengan konsumen maupun calon konsumen dan membangun relasi yang baik. 

Article Details

How to Cite
Salim, A., & Sukendro, G. G. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Adroady Media dalam Memperkenalkan Car Videotron Sebagai Media Iklan Luar Ruang Baru. Prologia, 4(1), 90–97. https://doi.org/10.24912/pr.v4i1.6439
Section
Articles
Author Biographies

Angellisa Salim, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Gregorius Genep Sukendro, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Claudio Tjahjadi & Gregorius Genep Sukendro. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran Salon Dreadock Studio Indonesia. Prologia, 3, 66-73.

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta:Kencana.

Kotler, Philip & Gary, Armstrong. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 1,Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran (Jilid 2,Edisi 13). Jakarta: Erlangga.

Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.