Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Instagram @sisilism Terhadap Kepuasan Followers Terkait Sex Education

Main Article Content

Felicia Clairine
Widayatmoko Widayatmoko

Abstract

Di Indonesia, topik mengenai sex education masih dianggap tabu oleh sebagian besar orang, sehingga informasi sex education hampir tidak pernah diajarkan oleh orang tua ataupun guru. Media sosial Instagram lewat akun @sisilism membahas mengenai sex education secara rinci dan mudah dimengerti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh antara media sosial Instagram @sisilism terhadap kepuasan followers terkait sex education. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification, motif, dan kepuasan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan pengambilan teknik sampling berupa metode nonn propability sampling dan teknik pendekatan purposive sampling. Populasi pada penelitian ini sebanyak 46,1 ribu followers Instagram @sisilism dengan jumlah sampel sebanyak 300 responden. Setelah kuesioner disebarkan, dilakukan analisis validitas, reliabilitas, normalitas, koefisien korelasi, koefisien determinasi, regresi sederhana, dan uji hipotesis atau uji t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa motif penggunaan media sosial Instagram @sisilism mempengaruhi secara signifikan kepuasan followers terkait sex education. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif identitas pribadi yang berkaitan dengan tipe seksualitas dan motif informasi yang berkaitan dengan pengetahuan sex education mempengaruhi kepuasan followers dalam menggunakan media sosial Instagram @sisilism terkait sex education.

Article Details

How to Cite
Clairine, F., & Widayatmoko, W. (2019). Pengaruh Motif Penggunaan Media Sosial Instagram @sisilism Terhadap Kepuasan Followers Terkait Sex Education. Koneksi, 3(1), 228–235. https://doi.org/10.24912/kn.v3i1.6213
Section
Articles

References

Atmadjati, A. (2018). Layanan Prima Dalam Praktik Saat Ini. Sleman: Deepublish.

Budiargo, D. (2015). Berkomunikasi Ala Net Generation. Jakarta: PT Elex Media Komputindo Kompas Gramedia.

Gerungan, W. A. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Refika Aditama.

Hatane Samuel, F. (2005). Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetiaan Merek (Studi Kasus Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya). Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 7 No. 1, Maret 2005, 76.

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4249233/gunung-es-perilaku-seks-pranikah-di-kalangan-remaja dikases pada tanggal 9 Maret 2019 pada pukul 20.12 WIB

Luthfie, R. (2014). Fenomena Perilaku Seksual Pada Remaja (Sexual Behaviour Phenomena on Young People). Jurnal Ilmu Keperawatan Vol II No 2 September 2014, 3.

McQuail, D. (2011). Teori Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika.

Nazir. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rakhmat, J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suryadi & Widayatmoko. (2016). Twitter Uses Satisfcation Among Young And Adults In Jakarta. International Conference of Communication, Industry, and Community, Bali, 74.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>