Etika Iklan & Peradaban Sosial (Komodifikasi Masalah Sosial Dalam TVC Meikarta Dengan Analisis Semiotika Model Charles Sanders Pierce Dalam TVC Meikarta)

Mei Lani, Widayatmoko Widayatmoko
| Abstract views: 159

Abstract

Sejak manusia hidup bermasyarakat, sejak itulah masalah sosial terjadi di dalamnya. Sulit ditemukan kondisi masyarakat yang ideal dan seluruh kehidupan sosial sesuai dengan harapan. Masalah sosial juga saat ini dapat dikemas untuk tujuan komersil guna mendapatkan keuntungan. Konten masalah sosial memang sangat menjanjikan karena menampilkan sebuah realitas sosial yang ada. Penelitian ini bertujuan melihat adanya komodifikasi masalah sosial dalam TVC Meikarta. Komodifikasi merupakan proses mengubah barang dan jasa, termasuk komunikasi, yang dinilai karena kegunaannya, menjadi komoditas yang dinilai karena apa yang akan mereka berikan di pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena dapat menggambarkan suatu gejala sosial. Subjek penelitian adalah TVC Meikarta dan objek penelitian adalah komodifikasi masalah sosial. Teknik analisis data menggunakan Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce. Lippo Group sebagai kapitalis mengkomodifikasi masalah sosial dalam TVC  untuk mendapatkan keuntungan dengan membuat iklan Meikarta dengan konten yang dramatis dengan maksud bahwa Meikarta adalah solusi yang tepat.

Keywords

Komodifikasi, Masalah Sosial, Semiotika

References

Belch, George E., and Michael A. Belch. (2007). Advertising and Promotion. Boston: McGraw Hill.

Burton, Graeme. (2008). Pengantar untuk Memahami: Meida dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra.

Kasali, Renald. (2007). Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Kriyanto, Rachmat. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Littlejohn, Stephen W. (2009). Teori Komunikasi Theories of Human Communication (Edisi 9). Jakarta: Salemba Humanika.

Mosco, Vincent. (2009). The Political Economy of Communication. London: Sage Publication.

Ritzer, George dan Goodman. (2008). Teori Sosiologi, dari teori sosiologi klasik sampai perkembangan mutakhir teori postmodern. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.