Analisis Komunikasi Keberagaman Budaya Dalam Iklan Bukalapak Versi Bu Linda

Eileen Martha Tianata, Widayatmoko Widayatmoko
| Abstract views: 496

Abstract

Keberagaman budaya di Indonesia merupakan sesuatu yang tidak dapat dipungkiri. Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat keanekaragaman budaya atau memiliki  heterogenitas yang tinggi. Peneliti ingin menemukan adanya keberagaman budaya melalui iklan Youtube Bukalapak versi Bu Linda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Keberagaman Budaya di mana keberagaman budaya itu sendiri sebagai suatu gagasan-gagasan tradisional yang diderivasi dan dipilih berdasarkan pengalaman sejarah serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data diperoleh dengan teknik analisis Semiotika Roland Barthes. Penulis mengumpulkan data dengan cara menonton iklan tersebut secara berulang-ulang sehingga bisa menemukan keberagaman budaya. Penelitian menunjukkan bahwa iklan tersebut mempunyai pesan untuk saling menghargai, menghormati, hidup rukun dan menjaga keselarasan keberagaman budaya. Iklan tersebut juga mengingatkan untuk toleransi dengan orang yang memiliki budaya berbeda.

Keywords

Makna, Keberagaman Budaya, Semiotika

References

Ahmad, Sihabudin. (2011). Komunikasi Antar Budaya. Jakarta : Bumi Aksara.

Littlejohn, Steven W., & Foss, Karen A., (2009). Encyclopedia of Communication Theory. California: Sage Publication Inc.

Mulyana, Deddy. (2005). Komunikasi Efektif: Suatu Pendekatan Lintas Budaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, CV.

https://www.kompasiana.com/riska.nuraini/keberagaman-masyarakatindonesia-bukan-penghalang-melainkan-pemersatu-bangsa_556b69182ab0bdd83ce40ef8, diakses 8 agustus 2017.

https://www.kompasiana.com/hesty.kusumaningrum/keberagaman-membuat-indonesia-kuat-dan-bersatu_59656b694b0a6823a10830d3, diakses 8 Agustus 2017

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.