Studi Kesenjangan Motif dan Kepuasan Followers dalam Mengikuti Akun @tmcpoldametro di Instagram

Main Article Content

Nathania Nathania
Farid Rusdi

Abstract

Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya merupakan salah satu bagian penting dalam mendistribusikan informasi mengenai kondisi lalu lintas kepada masyarakat. TMC Polda Metro Jaya awalnya dirintis pada 1997 melalui call center, namun sekarang sudah berkembang melalui media sosial, salah satunya Instagram. Akun Instagram @tmcpoldametro menarik untuk diteliti karena merupakan salah satu akun yang menyampaikan informasi resmi dari instansi negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif terkuat yang mempengaruhi para followers serta tingkat kepuasan followers setelah mengikuti akun @tmcpoldametro. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah followers @tmcpoldametro yang saat ini berjumlah 447.100 akun dengan sampel 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan tertinggi adalah kepuasan informasi, sedangkan kepuasan terendah adalah kepuasan integrasi dan interaksi sosial. Secara keseluruhan, terdapat kesenjangan antara motif dan kepuasan yang didapatkan followers dalam mengikuti akun @tmcpoldametro di Instagram. Sebagian besar responden merasa puas bahkan sangat puas setelah mengikuti akun Instagram @tmcpoldametro.

Article Details

How to Cite
Nathania, N., & Rusdi, F. (2019). Studi Kesenjangan Motif dan Kepuasan Followers dalam Mengikuti Akun @tmcpoldametro di Instagram. Koneksi, 2(2), 486–492. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3927
Section
Articles
Author Biographies

Nathania Nathania, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). (2017). Infografis Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. <https://apjii.or.id/survei2017>. Diunduh tanggal 4 September 2018.

HypeAuditor. (2018). Instagram Audience Report of @tmcpoldametro. <https://hypeauditor.com/report/tmcpoldametro/>. Diunduh tanggal 11 November 2018.

Kriyantono, Rachmat. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Cetakan ke-6. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ma’ruf, Moh. Ali. (2017). Analisa Penggunaan Instagram Sebagai Media Informasi Kabupaten Nganjuk (Studi Deskriptif Kualitatif pada founder dan followers @nganjukkotabayu). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

McQuail, Denis. (2011). Teori Komunikasi Massa (Edisi 6, Buku 1). Jakarta: Salemba Humanika.

Megapolitan.kompas.com (6 Juni 2018). Distribusi Informasi TMC Polda Metro, dari “Call Center” Berevolusi ke Medsos”. <https://megapolitan.kompas.com/read/2018/06/06/17484391/distribusi-informasi-tmc-polda-metro-dari-call-center-berevolusi-ke>. Diunduh tanggal 21 Januari 2019.

Nisfiannoor, M. (2013). Pendekatan statistika modern: Aplikasi dengan software dan e-views. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

TechCrunch. (2018). Instagram hits 1 billion monthly users, up from 800M in September. <https://techcrunch.com/2018/06/20/instagram-1-billion-users/>. Diunduh tanggal 18 Januari 2019.

We Are Social. (2018). Digital in 2018 in Southeast Asia Part 2. <https://www.slideshare.net/wearesocial/digital-in-2018-in-southeast-asia-part-2-southeast-86866464>. Diunduh tanggal 18 Januari 2019.

West & Turner. (2013). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (Edisi 3, Buku 2). Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Wibowo. (2015). Manajemen Kinerja. Jakarta: Rajawali Pers.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>