Strategi Komunikasi Digital Influencer dalam Menggunakan Media Sosial Instagram sebagai Media Fundraising

Main Article Content

Andia Elfika Priselie
Sinta Paramita

Abstract

In the current era of globalization, fundraising or fundraising can be done in various interesting ways. With the existence of the internet media, fundraising can be done with a wider reach. Through Instagram social media, fundraising has proven to be more effective. The entry of the Covid-19 virus in Indonesia has encouraged influencers in Indonesia to take fundraising actions using their personal Instagram accounts. The purpose of this research is to find out how the digital communication strategy used by influencers in using Instagram as a fundraising medium. This research was conducted because there was no research that discussed digital communication strategies in using social media Instagram as a media for fundraising. The theory used in this research is communication strategy theory, communication technology, new media, and effective communication. The research used a descriptive qualitative approach with a case study research method. The research data were obtained from in-depth interviews and documentation of the five key informants. The research result states that the content that is made very interesting does not always attract the attention of the audience, but the most important thing is how the message is told correctly and easily understood.

Di era globalisasi sekarang, penggalangan dana atau fundraising dapat dilakukan dengan berbagai cara menarik. Dengan adanya media internet, penggalangan dana dapat dilakukan dengan jangkauan yang lebih luas. Melalui media sosial Instagram, fundraising terbukti lebih efektif. Masuknya virus Covid-19 di Indonesia membuat influencer-influencer di Indonesia terdorong untuk melakukan aksi fundraising menggunakan akun Instagram pribadinya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi digital yang digunakan oleh influencer dalam menggunakan Instagram sebagai media fundraising. Penelitian ini dilakukan karena belum ada penelitian yang membahas       mengenai strategi komunikasi digital dalam menggunakan media sosial Instagram sebagai media fundraising. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi, teknologi komunikasi, media baru, dan komunikasi efektif. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode penelitian studi kasus. Data hasil penelitian diperoleh dari hasil wawancara mendalam dan dokumentasi dari lima key informan. Hasil penelitian menyatakan bahwa konten yang dibuat sangat menarik tidak selalu menarik perhatian khalayak, namun yang terpenting adalah bagaimana pesan diceritakan dengan benar dan mudah dipahami.

Article Details

How to Cite
Priselie, A. E., & Paramita, S. (2022). Strategi Komunikasi Digital Influencer dalam Menggunakan Media Sosial Instagram sebagai Media Fundraising. Prologia, 6(1), 163–170. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10375
Section
Articles
Author Biographies

Andia Elfika Priselie, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sinta Paramita, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Widjajanto, Kenmada. (2013). Konsep dan Aplikasi Perencanaan Komunikasi. Bandung: Ultimus.