Proses Komunikasi Pemasaran melalui Media Sosial (Studi pada Komunitas Penggemar Hot Wheels di Instagram)

Main Article Content

Jonathan Pramanta Susilo
Yugih Setyanto

Abstract

Auction activities can be considered as a new form of marketing communication. Auction is an online shopping activity where the price is determined by the buyer within the duration that has been determined by the seller and the buyer is entitled to get the item based on the highest offered price. This study discusses the phenomenon of auction activities in the digital communication industry. The method used is a case study with a qualitative approach and uses interview, observation, and documentation techniques. The results of this study can be seen that the auction activities that use Instagram social media use the Instagram Comments feature. The process of this activity begins with publication through an Instagram account which was originally created as a private collection gallery but eventually became a place to sell, promote through flash sales, and hold regular giveaway. These three things have a considerable influence on the continuity of the auction activities because to gather Hot Wheels collectors to participate in the auction activities which will later become potential buyers. Publications and promotions are usually done routinely for a week to attract the attention of followers.

Kegiatan lelang dapat dianggap sebagai bentuk komunikasi pemasaran yang baru. Lelang merupakan aktivitas belanja online dimana harga ditentukan oleh pembeli dalam durasi yang telah ditentukan oleh penjual dan pembeli yang berhak mendapatkan barang berdasarkan dari tawaran harga tertinggi yang dberikan. Penelitian ini membahas tentang fenomena kegiatan lelang dalam industri komunikasi digital. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik wawancara, observasi, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa kegiatan lelang yang menggunakan media sosial Instagram ini memanfaatkan fitur Instagram Comments. Proses kegiatan ini diawali dengan melakukan publikasi melalui akun Instagram yang awalnya dibuat sebagai galeri koleksi pribadi namun akhirnya menjadi tempat untuk berjualan, promosi melalui flash sale, dan mengadakan giveaway secara rutin. Ketiga hal ini memberikan pengaruh yang cukup besar dalam keberlangsungan kegiatan lelang karena untuk mengumpulkan para kolektor Hot Wheels untuk mengikuti kegiatan lelang yang nantinya akan menjadi calon pembeli. Publikasi dan promosi ini biasa dilakukan secara rutin selama seminggu untuk menarik perhatian followers.

Article Details

How to Cite
Susilo, J. P., & Setyanto, Y. (2021). Proses Komunikasi Pemasaran melalui Media Sosial (Studi pada Komunitas Penggemar Hot Wheels di Instagram). Prologia, 5(1), 52–59. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8108
Section
Articles
Author Biographies

Jonathan Pramanta Susilo, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Cangara, Hafied. (2018). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daniel, W. (2019). Wow Transaksi E-commerce RI 2018 capai Rp 77 T Lompat 151%. Retrieved Februari 22, 2020, from CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20190311101823-37-59800/wowtransaksi-e-commerce-ri-2018-capai-rp-77-t-lompat-151

Dijk, Jan Van. (2013). The Network Society. London: SAGE Publication, Ltd.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2012). Marketing Management. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2016). Marketing Management, 15th Edition. England: Pearson Education.

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Jurnal Trunojoyo Vol. 11, No 2. Juni 1, 2020. Terarsip di: https://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533

Kusniadji, S. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi Vol. 8, No 1. Juni 5, 2020. Terarsip di: https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/49

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Prenada Media Group.

Mashita, N. (2016). Serba-serbi Hot Wheels yang patut kamu Simak. RetrievedFebruary 22, 2020, from Lensa Indonesia. https://www.lensaindonesia.com/2016/11/15/serba-serbi-hot-wheels-yang-patut-kamu-simak.html

Morrisan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wahyu, A. (2019). Sejarah Hot Wheels dan Komunitas di Indonesia. Retrieved February 22, 2020, from Tikum. https://tikum.id/sejarah-hot-wheels-dan-komunitas/