STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM KEGIATAN PEMASARAN PRODUK CONSUMER GOODS (Studi kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang

Main Article Content

Suherman Kusniadji

Abstract

ABSTRACT

Marketing communication is a form of communication that aims to strengthen the marketing strategy and communication applications to help the marketing activities of a company. In addition, the marketing communication activities are intended to introduce, establish and create interactions between companies with business partners and customers, and is an attempt to communicate the company, the products or services to outside business partners, suppliers and consumers. Marketing communication strategies in consumer goods marketing should be able to achieve the goal of marketing, that is satisfy the customers. This study wanted to know how the marketing communication strategies in marketing consumer goods in the PT Expand Berlian Mulia Semarang. The object of this study conducted to assess the marketing communication strategies in marketing consumer goods in PT Expand Berlian Mulia Semarang. The study subject is PT Expand Berlian Mulia Semarang and chose this company because of its position as a market leader in the field of consumer goods distributor. The theories used in this research are the process of communication, strategy, marketing communication strategies SOSTAC models, and forms of marketing or promotional communications. The paradigm of this research is construktivist paradigm and research method used the case study method of qualitative approaches. This study tried to find empirical evidence of the object research, reveals how marketing communication strategies in consumer goods marketing products at PT Expand Berlian Mulia and develop the meaning of the implementation of marketing communication activities. Results showed correspondence between conceptual patterns predicted by theories that are relevant to the empirical findings patterns of case studies. Based on the analysis conducted can be concluded that marketing communication strategies in PT Expand Berlian Mulia use promotion mix such as advertising, sales promotion, personal selling and marketing events. Marketing communication activities are supported by the company's brand or principal holder.

ABSTRAK

Komunikasi pemasaran merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan untuk memperkuat strategi pemasaran dan aplikasi komunikasi yang bertujuan untuk membantu kegiatan pemasaran sebuah perusahaan. Selain itu , kegiatan komunikasi pemasaran adalah kegiatan yang ditujukan untuk memperkenalkan, menjalin maupun menciptakan interaksi antara perusahaan dengan mitra usaha maupun konsumen dan merupakan suatu usaha untuk mengkomunikasikan perusahaan, produk maupun jasa kepada pihak luar baik mitra usaha, supplier maupun konsumen. Strategi komunikasi pemasaran dalam kegiatan pemasaran consumer goods harus dapat mencapai tujuan pemasaran yaitu memuaskan pelanggan. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran dalam kegiatan pemasaran consumer goods pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang. Obyek penelitian ini dilakukan untuk mengkaji strategi komunikasi pemasaran dalam kegiatan pemasaran consumer goods pada PTExpand Berlian Mulia di Semarang. Sedangkan subyek penelitian adalah PT Expand Berlian Mulia yang lokasinya di Semarang dan dipilihnya perusahaan ini karena posisinya sebagai pemimpin pasar dalam bidang distributor produk consumer goods. Teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah proses komunikasi, strategi, strategi komunikasi pemasaran model SOSTAC, bentuk-bentuk komunikasi pemasaran atau promosi. Paradigma penelitian yang digunakan adalah paradigm kontruktivis dan metode penelitian yang dipakai adalah metode  penelitian studi kasus pendekatan kualitatif. Penelitian ini berusaha mencari bukti empirik dari obyek penelitian, bagaimana mengungkap strategi komunikasi pemasaran dalam kegiatan pemasaran produk consumer goods pada PT Expand Berlian Mulia serta membangun pemaknaan terhadap pelaksanaan aktivitas komunikasi pemasaran.Hasil penelitian menunjukkan kesesuaian antara pola-pola konseptual yang diprediksikan berdasarkan teori-teori yang relevan dengan pola-pola temuan empirik studi kasus. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh kesimpulan yaitu strategi komunikasi pemasaran PT Expand Berlian Mulia menggunakan bauran promosi berupa advertising, sales promotion, personal selling dan marketing event. Aktivitas komunikasi pemasaran banyak didukung oleh perusahaan pemegang merek atau principal.

 

Article Details

How to Cite
Kusniadji, S. (2017). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM KEGIATAN PEMASARAN PRODUK CONSUMER GOODS (Studi kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang. Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98. https://doi.org/10.24912/jk.v8i1.49
Section
Articles
Author Biography

Suherman Kusniadji, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Brannan, Integrated Marketing Communication, 2004, Memadukan Upaya Public

Relation, Iklan dan Promosi Untuk Membangun Identitas Merk, Pener-

bit PPM Jakarta.

Corporate and Marketing Communication, 2011, Diterbitkan atas kerjasama Pus-

Kombis Mercu Buana dan Aspikom.

Cresswell, John W.1998, Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing A-

mong Five Traditions, Thousand Oaks: Sage.

David, Fred R, 2006, Strategic Management Concept, Edisi Indonesia, Edisi 12,

Penerbit Salemba Empat Jakarta.

Fill. C, 1999, Marketing Communications: Contexts, Contents, and Strategies,

Herthfordshire: Prentice Halls.

Kotler, Philip and Kevin Keller, 2009, Manajemen Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1,

Edisi Bahasa Indonesia, Penerbit Erlangga Jakarta.

Kriyantoro, Rahmat, 2006, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Penerbit Kencana

Prenada Media Group Jakarta.

Kennedy, John E dan R. Dermawan Soemanagara, 2009, Marketing Communica-

tion, Taktik & Strategy, PT Buana Ilmu Populer, Kelompok Grame-

dia Jakarta.

Machfoeds, Mahmud, 2010, Komunikasi Pemasaran Modern, Penerbit Cakra

Ilmu Yogyakarta.

Moleong, Lexy J, 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Penerbit

PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Mulyana, Deddy dan Solatun, 2007, Metode Penelitian Komunikasi, Contoh-

Contoh Penelitian Kualitatif dengan pendekatan praktis, PT Re-

maja Rosdakarya Bandung.

Morissan, 2010, Periklanan, Komunikasi Pemasaran Terpadu, Prenada Media

Group.

Neuman, W. Lawrence. 1997, Social Research Methods : Qualitative and Quan-

titative Approach, Alyn and Bacon ; Boston.

Ouwersloot, Hans and Tom Duncan, 2008, Integrated Marketing Communication,

Mc Graw Hill, Education.

Pudjiastuti, Wahyuni, 2010, Special Event, Alternatif Jitu Membidik Pasar, Pener-

bit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia.

Raco, J R , 2010, Metode Penelitian Kualitatif, Jenis, Karakteristiknya dan Ke-

unggulannya, Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia,

Jakarta.

Rossiter, J.R. & Percy, L, 1998, Advertising Communications & Promotion Ma-

nagement, 5 th edition New York : Mc Graw – Hill, Inc.

Shimp, Terence A, 2000, Periklanan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi

Pemasaran Terpadu, Jilid 1 & 2, PT Gelora Aksara Pratama.

Smith, PR, Chris Berry, Alan Pulford, 1993, Strategic Marketing Communication,

Kogan Page, UK.

Soemanagara, Rd, 2006, Strategic Marketing Communication, Konsep Strategis

Dan Terapan, Penerbit Alfabeta Bandung.

Soeyanto, M, 2007, Strategic Management, Penerbit Andi Jakarta.

Yin, Robert K., 2011, Studi Kasus, Desain & Metode, PT Rajagrafindo Persada

Jakarta.

Bambang Joko Priyono, 2012, Tesis, Strategi Komunikasi Pemasaran LBPP LIA

Mercu Buana.

Iis Saidah, 2011, Tesis, Komunikasi Pemasaran CV Laktatridia Dalam Memasar-

Kan Susu Kambing ( Studi Kasus Komunikasi Pemasaran Dalam

Mengenalkan dan Meningkatkan Penjualan Susu Kambing di CV

Laktatridia Ciwidey , Bandung).

Nunuk Prihatiningsih, 2001, Efektivitas Strategi Komunikasi Pemasaran indosat

SLI 001, Fisip UI.