Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E-Commrece di Indonesia

Main Article Content

Sharen Kangean
Farid Rusdi

Abstract

The development of internet technology is increasing. With fast internet technology, Indonesian people's spending patterns are shifting. Shopping activities that used to only be through stores directly, but by using internet technology known as online shopping. Online Shopping can be accessed through digital applications known as e-commerce applications. One of the well-known e-commerce sites in Indonesia is Shopee. In this case, the formulation of the problem in this research is to study the marketing communication strategy undertaken by Shopee and the implementation of Shopee marketing communication. The theoretical foundation used in this research is marketing communication, and SOSTAC analysis. The consideration method used in this study is a qualitative approach. The resource persons in this study are Yoga Pratama, who are Shopee Business Development and Shopee users with different needs. The results of this study indicate that the optimal use of the marketing communication mix consists of advertising (advertising) and sales promotion (sales promotion).

Perkembangan teknologi internet semakin hari semakin berkembang pesat. Adanya teknologi internet yang pesat, pola belanja masyarakat Indonesia bergeser. Kegiatan belanja yang dulu hanya bisa melalui toko secara langsung, tetapi dengan menggunakan teknologi internet dikenal dengan istilah online shopping. Belanja secara daring (online) dapat diakses melalui aplikasi digital yang dikenal dengan istilah aplikasi e-commerce. Salah satu e-commerce yang ternama di Indonesia adalah Shopee. Dalam hal ini, terdapat perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Shopee serta pelaksanaan komunikasi pemasaran Shopee. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran, dan analisis SOSTAC. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Narasumber dalam penelitian ini adalah Yoga Pratama yang merupakan Business Development Shopee dan pengguna Shopee dengan kebutuhan yang berbeda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bauran komunikasi pemasaran yang optimal yaitu berupa iklan (advertising) dan promosi penjualan (sales promotion).

Article Details

How to Cite
Kangean, S., & Rusdi, F. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E-Commrece di Indonesia. Prologia, 4(2), 280–287. https://doi.org/10.24912/pr.v4i2.6504
Section
Articles
Author Biographies

Sharen Kangean, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Farid Rusdi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Amanda. (2018, Agustus 23). Shopee Indonesia Umumkan Via Vallen dan Rizky Febian sebagai Brand Ambassador. November 22, 2019 from Merdeka. https://www.merdeka.com/peristiwa/shopee-indonesia-umumkan-via-vallen-dan-rizky-febian-sebagai-brand-ambassador.html

Kusniadji, Suherman. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada Pt. Expand Berlian Mulia Di Semarang. Universitas Tarumanagara. Jurnal Komunikasi. Vol. 8. No.1. Hal 83-96.

Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Masa Era Media Sosial. Bandung: Pustaka Setia.

Reily, Michael. (2019, Agustus 23). Cetak Penjualan Rp 54 T, Shopee E-Commerce Terpopuler di Asia Tenggara. November 27, 2019, from Katadata.co.id.

https://katadata.co.id/berita/2019/08/23/cetak-penjualan-rp-54-t-shopee-e-commerce-terpopuler-di-asia-tenggara

Shopee Indonesia. (n.a). November 24, 2019. https://careers.shopee.co.id/about/

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Cetakan ke-8. Bandung: Alfabeta

Suwatno. (2017). Komunikasi Pemasaran Konstektual. Bandung: Remaja Rosdakarya.