Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Pesan Iklan, Kreativitas Iklan terhadap Efektivitas Iklan Gojek Cerdikiawan

Main Article Content

Ricky Budiman
Rezi Erdiansyah

Abstract

Speaking of Ads, of course, the power of measuring the effectiveness of these ads varies - and to achieve the effectiveness of advertising in order to succeed in attracting people to use the advertised goods / services. In achieving the effectiveness of advertising itself there are many ways to use such as Celebrity Endorser to attract  attention of the audience so  the ad will be noticed. There are also those who use advertising messages to be able to listen to the audience to hear interesting advertising messages and advertising creativity is also one way to make these advertisements displayed and become the talk of many people.This research itself aims to find out from the 3 ways above, can an effective advert be available? Or just the opposite. This research itself uses quantitative techniques with survey methods and uses a Gojek advertisement titled Gojek Cerdikiawan as a unit of observation. Primary data is collected through questionnaires distributed to 100 more respondents with age 18-37 years old who know and of course watching Gojek Cerdikiawan ads and domiciled in DKI Jakarta. The results showed that the most effective influences are advertising creativity and celebrity endorsers.

Iklan memiliki daya ukur efektivitas iklan yang bermacam – macam. Iklan berhasil jika orang menggunakan barang/ jasa yang diiklankan tersebut. Dalam mencapai efektivitas iklan sendiri ada banyak sekali cara dengan menggunakan seperti Celebrity Endorser untuk menarik perhatian khalayak agar iklan tersebut bisa diperhatikan. Ada juga yang menggunakan pesan iklan agar bisa menarik khalayak mendengar pesan iklan yang menarik dan kreativitas iklan juga menjadi salah satu cara untuk membuat iklan tersebut dipertontonkan dan menjadi perbincangan orang banyak. Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui tiga cara di atas apakah bisa membuat iklan yang ada efektif? Atau justru sebaliknya.Penelitian ini menggunakan teknik kuantitatif dengan metode survei dan menggunakan iklan Gojek yang berjudul Gojek Cerdikiawan sebagai unit obeservasi. Data yang dikumpulkan dengan menyebar kuesioner yang kepada 100 orang yang berusia 18-37 tahun dan yang tentu saja menonton iklan Gojek Cerdikiawan dan berdomosili di DKI Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang paling efektif adalah kreatifitas iklan dan celebrity endorser sendiri.

Article Details

How to Cite
Budiman, R., & Erdiansyah, R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Pesan Iklan, Kreativitas Iklan terhadap Efektivitas Iklan Gojek Cerdikiawan. Prologia, 5(1), 88–93. https://doi.org/10.24912/pr.v5i1.8140
Section
Articles
Author Biographies

Ricky Budiman, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Rezi Erdiansyah, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Adi,Prasetya,Enricho.(2016). Pengaruh Kreativitas Iklan, Unsur Humor, Dan Kualitas Pesan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi AQUA “VERSI ADA AQUA”.5(2),1-10. http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/jmbi/article/view/5019/4685

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Bungin, Burhan. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Prenada Media Group. Jakarta.

Faizan,Aklis.(2014).Pengaruh Kreativitas Iklan dan Endorser terhadap Proses Keputusan Pembelian Konsumen Mie Sedaap.3(2), 1-8 https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/3954

Farida,Ida.(2016).Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online.1(1),1-10. http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/8

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (Edisi Ke 4). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gojek. (2020). https://gojek.com/about diakses pada 10 Desember 2020.

Gunawan, Lisa. (2014).Efektivitas Iklan Televisi Suzuki Karimun Wagon R Di Masyarakat Surabaya.2(3),1-10 http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/3809

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kumparan.com, 8 April 2020. Diakses dari https://kumparan.com/kumparantech/riset-64-penduduk-indonesia-sudah-pakai-internet-1ssUCDbKILp.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Nurani, S. E., & Jony, O. H. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Association, Brand Personality Dan Product Characteristics Dalam Menciptakan Intensi Pembelian (Studi pada Iklan Kuku Bima Ener-G Rosa Versi Chris John). Jurnal Bina Nusantara. 2(1),1-22 https://journal.binus.ac.id/index.php/JBSE/article/view/197

Rizky Ferdy. (2019). Pengaruh Iklan Billboard Gojek Versi #UninstallKhawatir terhadap Brand Awarness. Jurnal Prologia. 4(1), 1-7. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6443

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers

Sugiyono, (2001). Metode Penelitian. Bandung: CV Alfa Beta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.