Pengaruh Celebrity Endorser Chelsea Olivia terhadap Citra Realfood (Studi pada Media Sosial Instagram @fitwithrealfoodid)

Jessica Wulandari, Daniel Tamburian
| Abstract views: 80 | views: 65

Abstract

This research is about the effect of celebrity endorser Chelsea Olivia on Realfood's image on social media Instagram @fitwithrealfoodid. The purpose of this study was to find out the relationship and influence of celebrity endorsers on Realfood images. This research uses a quantitative approach with a survey method. The theory used is the celebrity endorser theory and images. In this study, researchers distributed questionnaires to 100 respondents who were Realfood's Instagram followers. The data analysis technique used is normality test, simple regression analysis test, correlation test, t test and determination coefficient test. The result of the t test is 6,650> 1,984, the result of the correlation test is 0.558 which means the level of correlation is sufficient and for the results of the regression analysis test and the coefficient of determination, it shows that the effect of celebrity endorser on the image is 31.1% and the rest is influenced by other variables that are not researched.

Penelitian ini berisi tentang pengaruh celebrity endorser Chelsea Olivia terhadap citra Realfood pada media sosial Instagram @fitwithrealfoodid. Tujuan penelitian ini adalah untuk mencari tahu hubungan dan pengaruh celebrity endorser terhadap citra Realfood. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teori yang digunakan adalah teori celebrity endorser dan citra. Pada penelitian ini peneliti menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan followers Instagram Realfood. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji analisis regresi sederhana, uji korelasi, uji t dan uji koefisien determinasi. Hasil dari uji t bernilai 6,650 > 1,984, hasil uji korelasi yang bernilai 0,558 yang berarti tingat korelasi yang cukup dan untuk hasil uji analisis regresi dan koefisien determinasi menunjukan adanya pengaruh celebrity endorser terhadap citra sebesar 31,1% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Keywords

celebrity endorser; imagery; social media

Full Text:

PDF

References

Adi, O. Y. R. P., Sudaryanto, E., & Pratiwi, N. M. I. (2015). Kegiatan public relations oleh sales manager dalam pembentukan citra di hotel ibis budget surabaya. Jurnal Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. 1(02). http://jurnal.untag-

sby.ac.id/index.php/representamen/article/viewFile/1447/1221

Dimeila, Sabrina dan Farid (2019). Pengaruh selebriti endorser instagram terhadap minat beli followers. Jurnal Prologia Universtas Tarumanagara. 3(1). 247 – 254. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6247/4351

Gunawan, F. (2015). Efektivitas penggunaan ashraf & BCL sebagai celebrity endorser dalam iklan televisi LINE let’s get rich dengan menggunakan model TEARS. Jurnal E-Komunikasi Universitas Kristen Petra. 3(2). 1-10. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/4928

Kompas (2019). Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia?. https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia

Kriyantono, R., & Sos, S. (2014). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Prenada Media.

Ridha, W. (2014). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Pada Excellent Islamic School (Exiss) A Ba Ta Srengseng Jakarta Barat. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/26758

Siregar, S. (2013). Metode penelitian kuantitatif. Jakarta: Kencana

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Copyright (c) 2022 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.