Analisis Semiotika Iklan Aqua Kids 2020
Main Article Content
Abstract
Advertising is a complex form of communication that is useful for influencing the thoughts, feelings and actions of consumers for the benefit of advertisers, advertising is a form of communication that has a complex message because it has signs in the ad, signs can be anything in the advertisement. Aqua is the largest bottled drinking water company for the last 5 years, and has created a new advertisement that has made a new focus for consumers, namely children, due to the COVID-19 pandemic. This is interesting to research because drinking water is a product that can be consumed by all ages, but Aqua decided to create a new segment in its products, therefore its new advertisement must have many signs to convey to potential consumers, thus requiring semiotic techniques. . Semiotics is a study that studies signs and what is associated with signs. This research is a qualitative study using the semiotic analysis method of Roland Barthes, collecting data by observing Aqua Kids advertisements. The researcher takes the scenes in the advertisement and identifies the signs and messages in each scene, with connotative and denotative. The results showed that children had difficulty concentrating in online learning activities, but when Aqua kids were there, the problem disappeared, and made mothers happy with the child's presentation.
Periklanan adalah bentuk komunikasi kompleks yang berguna untuk mempengaruhi pikiran, perasaan dan tindakan konsumen demi kepentingan pengiklan, iklan merupakan bentuk komunikasi yang memiliki pesan yang kompleks karena memiliki tanda-tanda didalam iklan tersebut, tanda bisa jadi apa saja yang berada dalam iklan tersebut. Aqua merupakan perusahaan air minum dalam kemasan yang terbesar selama 5 tahun terakhir, dan membuat sebuah iklan baru yang membuat fokus konsumen yang baru yaitu anak-anak, dikarenakan terjadinya pandemi COVID-19. Hal ini menjadi menarik untuk diteliti karena air minum merupakan produk yang dapat dikonsumsi oleh segala jenis usia, namun Aqua memutuskan untuk membuat segmen baru dalam produknya, oleh karena itu iklan barunya pasti memiliki banyak tanda yang ingin disampaikan kepada calon konsumen, dengan demikian membutuhkan teknik semiotika. Semiotika merupakan studi yang mempelajari tentang tanda dan apapuyn yang berhubungan dengan tanda. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes, pengumpulan data dengan cara observasi dan mengamati iklan Aqua Kids. Peneliti mengambil scene-scene dalam iklan tersebut dan mengidentifikasi tanda dan pesan dalam setiap scene, dengan konotatif dan denotatif. Hasil penelitian menunjukan, anak sulit berkonsentrasi dalam kegiatan belajar secara online, namun ketika ada Aqua kids, masalah tersebut hilang, dan membuat ibu senang dengan presetasi anak.
Article Details
References
Basri, Hasan. (2014). “Using Qualitative Research in Accounting and Management Studies: Not a New Agenda.” Journal of US-China Public Administration 11(10):831–38. doi: 10.17265/1548-6591/2014.10.003.
Haryono, Sinta Rizki, and Dedi Kurnia Syah Putra. (2017). “Identitas Budaya Indonesia: Analisis Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Aqua Versi ‘Temukan Indonesiamu.’” Acta Diurna 13(2):67–88.
Hasanah, Hasyim. (2017). “TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial).” At-Taqaddum 8(1):21. doi: 10.21580/at.v8i1.1163.
Mabrukah, Risna Meidina. (2018). “ANALISIS SEMIOTIK MAKNA BERBAGI DALAM IKLAN AQUA VERSI ‘SAYA INDONESIA’ DI BILLBOARD SKRIPSI.” Director 15(29):7577–88.
Monica, Monica, and Laura Christina Luzar. (2011). “Efek Warna Dalam Dunia Desain Dan Periklanan.” Humaniora 2(2):1084. doi:10.21512/humaniora.v2i2.3158.
NUSA, OKTO DELFISIANUS TUNGGA. (2011). “ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA PESAN IKLAN AIR MINUM DALAM KEMASAN AQUA VERSI ‘SUMBER AIR SU DEKAT’ DI MEDIA TELEVISI Oleh.”
Sari, Wulan Purnama. (2015). Konflik Budaya Dalam Konstruksi Kecantikan Wanita Indonesia (Analisis Semiotika Dan Marxist Iklan Pond’s White Beauty Versi Gita Gutawa). Jurnal Komunikasi 7(2):198–206.
Triandjojo, Indriani. (2008). “Semiotika Iklan Mobil Di Media Cetak Indonesia.” 43–45.