Pengaruh Iklan Humor pada Kesadaran Merek Milenial di Jakarta (Studi pada Iklan Sampo Head & Shoulders versi Bloopers Joe Taslim)

Main Article Content

Volin Stevani Putri
Diah Ayu Candraningrum

Abstract

Head and Shoulders is an anti-dandruff shampoo brand owned by the parent company Procter & Gamble (P&G). Head and Shoulders made an interesting advertisement entitled "Bloopers Joe Taslim" Head & Shoulders "on Youtube social media which was chosen to be analyzed in this study. The current era of globalization has resulted in an increasing number of competition and requires companies to think smartly in introducing their products and maintain the brand in the minds of consumers. This study aims to determine the effectiveness of humor advertisements on brand awareness of millennials in DKI Jakarta. The theory used in this study is integrated marketing communication, advertising effectiveness, humor advertising, brand awareness and the millennial generation. is a quantitative approach and using a survey method. The sampling technique from the population in this study using purposive sampling technique, the sample used in this study was 100 respondents. The data collection method in this study was carried out using a questionnaire, scale Likert and literature study. The analysis technique used in this research is validity test, reliability test, normality test, simple linear regression test, determination coefficient test, t test. The results revealed that the Head and Shoulders humor advertisement in the title "Bloopers Joe Taslim" Head & Shoulders "was significantly effective in brand awareness of millennials in DKI Jakarta.

 

Head and Shoulders adalah sebuah merek sampo anti ketombe milik perusahaan induk Procter & Gamble (P&G). Head and Shoulders membuat iklan yang menarik berjudul "Bloopers Joe Taslim "Head & Shoulders" di media sosial Youtube yang dipilih untuk dianalisis dalam penelitian ini. Era globalisasi saat ini menumbuhkan jumlah persaingan yang semakin ketat serta mengharuskan para perusahaan untuk berfikir cerdas dalam mengenalkan produknya maupun mempertahankan merek di benak konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas iklan humor terhadap kesadaran merek para milenial di DKI Jakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran terpadu, efektivitas iklan, iklan humor, kesadaran merek dan generasi milenial. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif serta menggunakan metode survei. Teknik pengambilan sampel dari populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner, skala likert dan studi pustaka. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, uji t. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa iklan humor Head and Shoulders dalam judul "Bloopers Joe Taslim "Head & Shoulders" efektif secara signifikan terhadap kesadaran merek para milenial di DKI Jakarta.

Article Details

How to Cite
Putri, V. S., & Candraningrum, D. A. (2022). Pengaruh Iklan Humor pada Kesadaran Merek Milenial di Jakarta (Studi pada Iklan Sampo Head & Shoulders versi Bloopers Joe Taslim). Prologia, 6(1), 60–65. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10271
Section
Articles
Author Biographies

Volin Stevani Putri, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Diah Ayu Candraningrum, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Adi, E.P dan Nurhadi (2016). Pengaruh Kreativitas Iklan, Unsur Humor, dan Kualitas Pesan Iklan terhadap Efektivitas Iklan Televisi Aqua "Versi Ada Aqua". Universitas Negeri Yogyakarta.

http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jmbi/article/view/5019

Ferdy, R dan Sari, W.P. (2020). Pengaruh Iklan Billboard Gojek Versi #UninstallKhawatir Terhadap Brand Awareness. Prologia. E-Journal Universitas Tarumanagara. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/6443/4977

Husni, A.R. (2010). Analisis Pengaruh Brand Awareness terhadap Brand Attitude Handphone Merek Nokia (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi S1Universitas Diponegoro)

http://eprints.undip.ac.id/23338/1/ACHMAD_RIFQI_HUSNI.PDF

Nugroho, U. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif Pendidikan Jasmani. Jawa Tengah: CV. Sarnu Untung.

https://books.google.co.id/books?id=gRvpDwAAQBAJ&pg=PA29&dq=metode+penelitian+kuantitatif+survei&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwig2rL31rHsAVWVisKHeFxBHcQ6AEwBXoECAIQAg#v=onepage&q&f=false

Pitamakoro, P. (2018). Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Kopi Bubuk Instan., 53(9), 111. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Putra, Y.S (2016). theoritical review : teori perbedaan generasi. Among Makarti, STIE AMA SALATIGA. https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/14