Pengaruh Daya Tarik Iklan di Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Terhadap Produk Sepatu Brodo di Kalangan Anak Muda Jakarta Barat)

Hendy Suryawijaya, Farid Rusdi
| Abstract views: 361 | views: 285

Abstract

The attractiveness of advertising can be assumed as something that moves people, talks about their wants or needs, and arouses their interest. The attractiveness of advertising is very important because it will increase the success of communication with consumers. An ad with a high ad appeal can create consumer buying interest towards a brand. buying interest is an impulse in a person to pay attention without coercion on a product and lead to a purchase. This study aims to measure the effect of the attractiveness of advertising on social media on consumer buying interest. This study uses quantitative techniques with survey methods and uses Brodo as an observation unit. Primary data was collected through distributing questionnaires to 105 young respondents in the West Jakarta area who had seen or known Brodo shoes advertisements in the form of posts or stories on Instagram social media. Data analysis uses Statistical Package for the Social Sciences with SPSS for Windows 17 application. Based on the results of the study, it is known that there is a positive influence between the attractiveness of advertising on social media on consumer buying interest in products from Brodo shoes. The attractiveness of advertising has an influence of 66.6% on buying interest. If the attractiveness of advertisements increases, consumers' buying orders will also increase. Conversely, if the attractiveness of advertising decreases, consumers' buying orders will also decrease.

Iklan memiliki daya tarik. Melalui iklan orang dapat “tergerak” untuk berbicara baik tentang keinginan maupun kebutuhan mereka, dan pada akhirnya membangun ketertarikan terhadap produk tertentu. Daya tarik iklan dinilai penting karena dapat menghasilkan komunikasi yang sukses dengan konsumen. Suatu iklan dengan daya tarik iklan yang tinggi dapat menciptakan minat beli konsumen terhadap suatu merek. minat beli merupakan dorongan dalam diri seseorang untuk menaruh perhatian tanpa paksaan pada suatu produk dan berujung pada pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh daya tarik iklan di media sosial terhadap minat beli konsumen. Teknik yang digunakan dalam penelitian adalah kuantitatif tepatnya metode survey, dan menggunakan Brodo sebagai unit observasi. Data penelitian didapat dengan membagikan kuesioner kepada 105 responden anak muda di daerah Jakarta Barat yang pernah melihat atau mengetahui iklan sepatu Brodo baik dalam bentuk postingan atau story di media sosial Instagram. Analisis data menggunakan Statistical Package for the Social Sciences dengan aplikasi SPSS for windows 17. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa ada pengaruh yang positif antara daya tarik iklan di media sosial terhadap minat beli konsumen terhadap produk dari sepatu Brodo. Daya tarik iklan berpengaruh terhadap minat beli sebesar 66,6%. Artinya, jika daya tarik iklan meningkat maka mendorong meningkatnya niat beli konsumen. Sebaliknya, jika daya tarik iklan menurun maka mendorong turunnya minat beli konsumen.

Keywords

advertising appeal; buying interest; brodo; social media

Full Text:

PDF

References

Ardiansyah, L., Arifin, Z., & Fanani, D. (2015). Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Efektivitas Iklan (Survei Terhadap Iklan Honda Versi Band Nidji “One Heart”). Jurnal Administrasi Bisnis Vol. 23 No. 2. 75 – 83.

Gusmanto & Hasibuan, R. (2014). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Galon Merek Aqua. Jurnal Bening Prodi Manajemen Vol. 1 No. 1. 1 – 40.

Hastuti, S. (2013). Efektivitas Iklan Layanan Masyarakat di Televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Riau Vol. 2 No. 2. 67 – 72.

Meldarianda, R. & Henky, L. S. (2010). Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Café Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2010, Hal. 97 – 108.

Morissan. (2014). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Ningrum, I.T.J., & Nilowardono, S. (2016). Pengaruh Event dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Rokok Sampoerna A Mild Pada PT HM Sampoerna Area Marketing Surabaya. Jurnal Manajemen Kinerja. Vol. 2, No. 1, Hal. 57-69.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Copyright (c) 2021 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.