Pengaruh Pesan Iklan Televisi “Dana App-Dompet Digital Indonesia 60s (2018)” terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Dana

Valencia Valencia, Ahmad Junaidi
| Abstract views: 185 | views: 163

Abstract

This research attempts to adopt the effect of television advertisement to decision of using digital wallet application. This study is entitled "The effect of Television Advertising Message "Dana App - Dompet Digital Indonesia 60s (2018)" to Decision of using Dana Application. This Study aims to determine of  how The effect of Advertising Message "Dana App- Dompet Digital Indonesia 60s (2018)" to Decision of using Dana Application on millennials generation in DKI Jakarta. This study used a quantitative research survey method and the primary data which the primary data was obtained directly from respondents through questionnaires using google form. Research data were obtained from questionnaires, library studies, journals and online data. The used sample uses 100  male or female respondents, who is Millennials Generation in DKI Jakarta, aged between 18-37years old, and has been watched television advertising "Dana App - Dompet Digital Indonesia 60s (2018)" chosen by purposive sampling. The data results were analyzed by using simple linear regression analysis technique. The results of this study can be concluded that message of "Dana App- Dompet Digital Indonesia 60s (2018)" has significant influences with Decision of using Dana Application in DKI Jakarta for 30,3 %. Based on the results of T-Test testing,variable (X) advertising message (message content, message structure, message format, and message source) is which means H was rejected and Ha was accepted, with sig< α is 0,000 < 0,05, The results of this study can be concluded that message of "Dana App- Dompet Digital Indonesia 60s (2018)" has significant influences with Decision of using Dana Application.


Penelitian ini mengangkat  tentang pengaruh iklan televisi terhadap keputusan penggunaan aplikasi dompet digital. Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pesan Iklan Televisi “Dana App – Dompet Digital Indonesia 60s (2018)” Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Dana.  Penelitian ini bertujuan untuk Ingin mengetahui bagaimana pengaruh iklan televisi aplikasi Dana “Dana App – Dompet Digital Indonesia 60s (2018)” terhadap keputusan penggunaan Aplikasi Dana pada generasi Milenial di DKI Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey dan menggunakan data primer yang diperoleh secara langsung dari responden melalui kuesioner menggunakan google form. Data penelitian diperoleh dari kuesioner, studi pustaka, jurnal, dan data online. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling dengan sampel pria atau wanita sebanyak 100 responden, yang merupakan generasi milenial di DKI Jakarta, yang berumur antara 18-37 tahun, dan pernah menonton iklan televisi “Dana App – Dompet Digital Indonesia 60s (2018)”. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pesan Iklan “Dana App – Dompet Digital Indonesia 60s (2018)” berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan Aplikasi Dana di DKI Jakarta sebesar 30,3%. Pengujian Uji T pada variabel (X) pesan iklan (isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan) adalah H₀ ditolak dan Ha diterima, dengan Nilai sig< α yaitu 0,000 < 0,05, maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Pesan Iklan “Dana App – Dompet Digital Indonesia 60s (2018)” terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Dana.


Keywords

Advertising Message; Television Advertising; Using Dana Aplication; iklan televisi; penggunaan aplikasi dana; pesan iklan

Full Text:

PDF

References

Badjuri Adi. (2010). Jurnalistik Televisi. Ed 1. Cet 1. Yogyakarta: Graha Ilmu

Chintya Viviana, Diah Ayu Candraningrum (2018), E-Wom Oleh Kalangan Milenial Terhadap Akun @makansampaikenyang Sebagai Pemberi Rekomendasi Kuliner. Jurnal Prologia.; Vol 2, No 2

Effendy, Onong Uchjana. (2011). Ilmu Komunikasi: Teori dan Prakteknya, Bandung : Remaja Rosdakarya

Kotler, Philip and Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kriyantono, Rachmat. (2007). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Widya Atidhira Hutabarat, Toni Wijaya (2017), pengaruh pesan iklan line versi film “ada apa dengan cinta” mini drama terhadap penggunaan fitur find alumni drama terhadap penggunaan fitur find alumni di kota Bandar Lampung. Jurnal Kajian Komunikasi Tahun 2017; Vol 1, Nomor.1

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.