Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku

Charlie Giovani Gunardi, Rezi Erdiansyah
| Abstract views: 167 | views: 91

Abstract

This study aims to determine the effect of brand image and service quality on customer satisfaction at Mangkok Ku. Research using quantitative methods. The number of samples from this study were 145 respondents taken using nonrandom sampling data collection techniques, by filling out a questionnaire on Google Form. The analysis technique is done by SEM through the Lisrel 8.70 program. The results showed that brand image did not significantly influence customer satisfaction, while service quality significantly affected customer satisfaction. Thus, to improve customer satisfaction, an increase in service quality at Mangkok Ku is needed.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan restoran Mangkok Ku. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 145 responden yang diambil dengan menggunakan teknik pengumpulan data non random sampling, dengan cara pengisian kuesioner pada google form. Teknik analisis dilakukan dengan SEM melalui program Lisrel 8.70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dengan demikian, untuk meningkatkan kepuasan pelanggan diperlukan peningkatan pada kualitas pelayanan pada restoran Mangkok Ku. 

Keywords

brand image; customer satisfaction; mangkok ku; service quality; Citra Merek; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Pelanggan; Restoran Mangkok Ku

Full Text:

PDF

References

Apriyani (2013). Pengaruh brand image, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pizza Hut Di Kota Padang. Jurnal Manajemen 2.01

Efendy, Audya, Suryadinata (2015). Analisa Pengaruh BrandImage dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty di restoran D’cost Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan, Universitas Kristen Petra, Surabaya, Indonesia

Ferrinadewi, Erna. (2008). Merek & Psikologi Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Insu Park, Amit Bhatnagar & H. Raghav Rao. 2010. “Assurance Seals, On‑Line Customer Satisfaction, and Repurchase Intention”. International Journal of Electronic Commerce / Spring Vol. 14 No.3).11-34.

Keller, Kevin Lane. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Musanto (2004). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 2, September 2004: 123 – 136.

Nabila Zahrah Azka. (2017). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Dalam Belanja Online Terhadap Kepuasan Konsumen Traveloka. Jurnal magister ilmu komunikasi program pscasarjana Universitas Pasundan Bandung.

Nisfiannoor (2013). Pendekatan Statistika Modern Aplikasi dengan software SPSS dan E-Views. Jakarta. Usakti.

Noor Nuruzzaman Andreas Kafizas, Yimeng Ma, Ernest Pastor,

Stephanie R. Pendlebury, Camilo Mesa, Laia Francàs, Florian Le Formal, Min Ling, Carlos Sotelo-Vazquez, Claire J. Carmalt, Ivan P. Parkin, and James R. Durrant. (2017). Water Oxidation Kinetics of Accumulated Holes on the Surface of a TiO2 Photoanode: A Rate Law Analysis. ACS Catalysis 2017.

Prasetio Ari. (2012). Pengaruh Kualitas pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Artikel Publikasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Rangkuti, Freddy. (2004). Manajemen Persediaan Aplikasi di Bidang Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ridho, Suharyono (2017). Pengaruh kualitas Produk Terhdapad Brand Image dan Dampaknya Pada Kepuasan Pelanggan (Survei pada Pelanggan kartu prabyar Simpati, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 53 No. 1 Desember 2017.

Santoso, D. A., Erdiansyah, R., & Pribadi, M. A. (n.d.). Pengaruh

Brand Awareness dan Brand Image terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Innisfree, 286–290.

Siregar, Syofian. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual dan SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT Fajar Interpratama Mandiri.

Sondakh (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Vol.3, No.1, 2014:19-32.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suwadni, Sularso, Suroso. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pos Ekspres di kantor Bondowoso dan Situbondo. Jurnal JEAM Vol XIV April 2015.

Tangguh, Pangestuti, Perwangsa. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Layanan, dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan GO-RIDE (Survei pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2016/2017 dan 2017/2018). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 61No. 2

Tjiptono, Fandy. (2007).” Manajemen Jasa”, Andy Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2004. Manajemen Jasa, Edisi Pertama, Yogyakarta, Andi Offset.

Tombokan, Kawer, Uhing. (2015). Pengaruh Kualias Pelayanan, Citra Merek terhadap Kepuasan Konsumen pengguna Taplus BNI Kantor Cabang Utama Manado.JurnalEMBA Vol.3 No.3 Sept. 2015, Hal.552-561

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.