Pengaruh Komunikasi Pemasaran Sales promotion terhadap loyalitas pengguna aplikasi transportasi online (survei terhadap pengguna aplikasi grab bike)

Nelviluvita Nelviluvita, Roswita Oktavianti
| Abstract views: 64 | views: 51

Abstract

Marketing communication is a tool used by companies to convey information to the public. One of the marketing communication tools is sales promotion. Sales promotion is a tool used by companies to increase the level of product’s sales by making repeated purchases or creating a loyalty. Loyalty can be measure by repeatable using of the same product. This sales promotion towards the loyalty of users of online transportation applications. One of the providers of online transportation applications in Indonesia is Grab bike. This type of quantitative research using survey methods. Data obtained from the results of distributing questionnaires online. The author makes a questionnaire based on indicators of the variables that the authors examine and submits the questionnaire using purposive sampling techniques in determining respondents. After spreading the data, the writer gets answers from respondents and manages the results of the questionnaire using SPSS application version 19. From the results of this study it can be concluded that sales promotion marketing communication has an effect of 25.5% on user loyalty while 74.6% is influenced by factors other than research.

 

Komunikasi pemasaran merupakan alat yang digunakan oleh perusahaan untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat. Salah satu alat komunikasi pemsaran adalah sales promotion. Sales promotion merupakan alat yang digunakan perusahaan untuk menaikan tingkat penjualan suatu produk serta menciptakan pembelian yang berulang atau menciptakan loyalitas. Loyalitas merupakan penggunaan secara berulang terhdap suatu produk yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran sales promotion terhadap loyalitas pengguna aplikasi transportasi online. Salah satu penyedia aplikasi transportasi online di Indonesia adalah Grab bike. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Data didapatkan dari hasil penyebaran kuesioner online. Penulis membuat kuesioner berdasarkan indikator dari variabel yang penulis teliti dan menyebarkan kuesioner tersebut menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan responden. Setelah menyebarkan data, penulis mendapatkan jawaban dari respoden dan mengelolah hasil kuesioner menggunakan aplikasi SPSS versi 19. Dari hasil penelitian ini dapat dapat ditarik kesimpulan bahwa komunikasi pemasaran sales promotion memiliki pengaruh sebesar 25,5% terhadap loyalitas pengguna aplikasi transportasi online sedangkan 74,6% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian.

Keywords

Sales promotion; marketing communication; user loyalty; online transportation applications; Komunikasi pemasaran; loyalitas pengguna; aplikasi transportasi online

Full Text:

PDF

References

Afriyadi, Achmad Dwi. (2019, Maret 19). Aturan Lengkap Gojek Yang Baru Terbit. September 11, 2019. Detik Finance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4473985/ini-aturan-lengkap-ojek-online-yang-baru-terbit

Astri, Bernadeta Wahyu., Pratita., Pratikto Heri., Sutrisno. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pelanggan di Kober Bar Malang. Jurnal Pendidikan, 3 (4), 497-503. Oktober 7, 2019. Terarsip di: http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Grab Indonesia. (n.d). Tentang Grab. September 18, 2019. (https://www.grab.com/id/brand-story/)

Hutapea, Katrin. E., Ginting, Paham., Sutarman. (2017). Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Dengan Switching Cost Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Provider Prepaid Telkomsel Di Kota Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 3 (1), 87. September 11, 2019. Terarsip di: http://dx.doi.org/10.31289/jkbm.v3i2.344

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. L. (2008). Manajemen Pemasaran. (Ed.13). (Bob Sabran, Adi Maulana & Wibi Hardani, Penerjemah & Editor). Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip dan Keller, Kevin. L. (2008). Manajemen Pemasaran. (Ed.13). Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Kusniadji, Suherman. (2009). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi, 8 (1), 83-98. September 12, 2019. Terarsip di: http://dx.doi.org/10.24912/jk.v8i1.49

Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV. Pustaka Setia

Sadat, Andi.M. (2009). Brand Belief: Membangun Merek Berbasis Keyakinan. Jakarta: Salemba Empat

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. (Ed.1). Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (Ed.26). Bandung: Alfabeta, CV.

Copyright (c) 2020 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.