Komunikasi Pemasaran Program Livestyle Hotel Flash Sale Traveloka Dalam Menarik Konsumen Untuk Staycation Di Era New Normal Melalui Social Media Youtube

Main Article Content

Ivonne Florence Dinata
yugih Setyanto

Abstract

Every company must have change the obstacle into an opportunity by applying marketing communication in all situations. Good Marketing Communications be measured from how a company delivers its message to the user. So, the user can well understand and drive the user’s behavior according to the company’s goals. Situations today are a new normal era which an opportunity for restructuration the company by arranging the marketing communications to increase back the traffic of the user after the company has decreased earlier. Other than that, travel trends now is a staycation. This research focuses on Traveloka’s marketing communications when it runs their program “Traveloka Livestyle Hotel Flash Sale” for engage the user to staycation in a new normal era. The theory used is the model and marketing communications mix from the public relations aspect. The research approach used in this research is a  qualitative approach with case study methods. The researcher collects the data techniques by interviews, observation, and literature study. The result of this study indicates that Traveloka’s Engagement by many marketing communication’s ways goes well. So, this program generates enthusiasm and positive feedback from the user shown from their decision making for a staycation in the new normal era.

Setiap perusahaan harus dapat mengubah obstacle menjadi sebuah peluang dengan mengaplikasikan komunikasi pemasaran yang tepat sasaran di segala situasinya. Komunikasi pemasaran yang baik dinilai dari bagaimana sebuah perusahaan mengkomunikasikan pesan kepada konsumennya sehingga dapat dipahami dan mengubah perilakunya konsumennya sesuai dengan tujuan perusahaan. Situasi yang dihadapi saat ini ialah era new normal yang merupakan peluang untuk merestrukturisasi perusahaan dengan merancang komunikasi pemasaran untuk meningkatkan kembali traffic konsumen .Selain itu, Tren berwisata era new normal telah mengalami perubahan salah satunya adalah staycation . Penelitian ini berfokus pada komunikasi pemasaran Traveloka sebagai perusahaan yang melayani konsumen di bidang pariwisata dalam menjalankan program Livestyle Hotel Flash Sale untuk menarik konsumen melakukan staycation di era new normal .Teori yang digunakan adalah model dan bauran komunikasi pemasaran dari segi kehumasan. Pendekatan penelitiannya adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti mengumpulkan data secara observasi partisipatif, wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil analisisnya menunjukkan Engagement yang dilakukan Traveloka berbagai taktik komunikasi pemasaran yang dimilikinya berjalan dengan baik sehingga Program ini menghasilkan antusiasme dan feedback positif dari konsumen yaitu dengan pengambilan keputusan konsumen untuk melakukan staycation di era new normal.

Article Details

How to Cite
Dinata, I. F., & Setyanto, yugih. (2021). Komunikasi Pemasaran Program Livestyle Hotel Flash Sale Traveloka Dalam Menarik Konsumen Untuk Staycation Di Era New Normal Melalui Social Media Youtube. Prologia, 5(2), 292–299. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10183
Section
Articles
Author Biographies

Ivonne Florence Dinata, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Annabell, J., Setyanto, Y., & Aulia, S. (2019). Komunikasi Pemasaran Kennedy, Voice & Berliner dalam Membangun Loyalitas dengan Klien. Prologia, 3(2), 350-357.

Annisa, N. (2014). Strategi Komunikasi Pemasaran Online (Studi Kasus pada Pemasaran Online di “REALInc Store”). Skripsi, Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Charvia, K., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Electronic Word of Mouth dan Brand Experience terhadap Brand Trust (Studi terhadap Pengguna OVO di Jakarta). Prologia, 4(2), 237-244.

Hendro, H., & Keni, K. (2020). eWOM dan Trust sebagai Prediktor terhadap Purchase Intention: Brand Image sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Komunikasi, 12(2).

Kholisoh, N., & Yenita, Y. (2015). Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi (Kasus Public Relations Rumah Sakit “X” di Jakarta). Jurnal Ilmu Komunikasi, 13(3), 195-209.

Setyanto, Y., Anggarina, P. T., & Valentina, A. (2017). Branding yang Dilakukan Humas pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(1), 171-182.

Siagian, E. R. (2019). Implementasi Bauran Komunikasi Pemasaran Produk Prung Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen (Studi Deskriptif Tentang Implementasi Bauran Komunikasi Pemasaran UKM Produk Prung Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen). Skripsi, Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia.

Sintia, L. (2019). Evaluasi Strategi Bauran Promosi “FeMale Radio Jakarta” Melalui Metoda “SOSTAC”/Laura Sintia/28150039/Pembimbing: Bilson Simamora. Skripsi, Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie

Somawati, A. V., Adnyana, K. S., Darmawan, I. P. A., Dewi, N. P. D. U., Untara, I. M. G. S., Suadnyana, I. B. P. E., ... & Srilaksmi, N. K. T. (2020). Bali vs COVID-19: Book Chapters. Nilacakra.

Susanto, A., & Sunardi, A. (2017). Aktivitas Bauran Komunikasi Pemasaran Di Perusahaan Jamu Ibu Tjipto Kota Tegal. Komunikator, 9(1).