Analisa UX Writing terhadap User Experience pada Pengguna Aplikasi Grab
Main Article Content
Abstract
The high interest of Grab users can be seen from the success of a UX Writer in creating User Experience. User Experience assesses how satisfied someone is with products, systems and services. This research has a purpose to find out the effect of UX Writing that has been done by the UX Writer in Grab application to the User Experience. The theories that are used such as Brand, Branding, User Experience, and UX Writing. The method that is used is quantitative research with the survey method. The sampling technique that is used by the authors is the Non-probability Sampling with the Purposive Sampling. The total of samples is 100 respondents. Data collection method that is used is a questionnaire of Google forms that are distributed directly or online. The research phase was carried out by using a pre-test to 30 respondents, then doing a post-test to 100 respondents. The results of data processing indicate that there is an influence of the UX Writing (X) on the User Experience (Y). The most influential dimension on UX Writing (X) is visual, while the most influential dimension on User Experience (Y) is branding.
Tingginya minat pengguna Grab terlihat dari keberhasilan seorang UX Writer dalam menciptakan User Experience. User Experience menilai seberapa puas seseorang terhadap produk, sistem, dan jasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari UX Writing yang dilakukan oleh UX Writer aplikasi Grab terhadap User Experience kepada pengguna aplikasi Grab. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Brand, Branding, User Experience, dan UX Writing. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teknik Non-probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling. Pada penelitian ini, penulis menetapkan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Tahap penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan pre-test kepada 30 responden, kemudian melakukan post-test kepada 100 responden. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari variabel UX Writing (X) terhadap variabel User Experience (Y) pada pengguna aplikasi Grab. Dimensi yang paling berpengaruh pada variabel UX Writing (X) adalah visual, sedangkan dimensi yang paling berpengaruh pada variabel User Experience (Y) adalah branding.
Article Details
References
Chandra, Cut Putri., & Paramita, Sinta. (2018). Corporate Branding Bioskop Dalam Industri Hiburan (Studi Kasus Cinema 21 Group Dengan CGV Cinemas). Jurnal Prologia, 2 (1).
Garrett, Jesse James. (2011). The Elements of User Experience: User-Centered Design for the Web and Beyond. Second Edition. California: New Riders.
Himpunan Mahasiswa Tambang Institut Teknologi Bandung. (2017, Maret 24). Pro-Kontra Transportasi Online. September 7, 2019. https://hmt.mining.itb.ac.id/pro-kontra-transportasi-online/
Kristo, Fino Yurio. (2018, Maret 29). Kisah Lulusan Harvard Jadikan Gojek & Grab Bisnis Triliunan. September 8, 2019. Detikinet Database. https://inet.detik.com/business/d-3942831/kisah-lulusan-harvard-jadikan-Gojek--grab-bisnis-triliunan
Mohammad, Edwin. (2018, November 22). Ngobrol Tentang UX Writer Bareng Edwin Mohammad, Lead UX Writer di Gojek. Agustus 24, 2019. Medium Database.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukendro, Gregorius Genep., & Pandrianto, Nigar. (2019). Diagnosa Komunikasi Brand Activation dan Media Digital Atas Eksistensi Brand Studio Rekaman Lokananta. Jurnal Komunikasi, 11 (1), 92-107.
Wheeler, Alina. (2009). Designing Brand Identity. Edisi 3. Wiley: Canada.
Wiryawan, Mendiola B. (2011). User Experience (UX) sebagai Bagian dari Pemikiran Desain dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual. Jurnal Humaniora, 2 (2), 1158-1166.
Yuniar, Maria. (2019, Oktober 10). Apa saja yang dikerjakan UX Writer. September 17, 2019. Ekrut Media Database. https://www.ekrut.com/media/apa-saja-yang-dikerjakan-ux-writer