Pengaruh Penyampaian Informasi pada Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z

Main Article Content

Novia Wijaya
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

During the COVID-19 pandemic, people are required to stay at home. This makes people need entertainment. The TikTok application is one of the applications that is currently viral during the COVID-19 pandemic. Users can express their creativity in the TikTok application. Marketing of a product can also be done on the TikTok application. Users of the TikTok application are dominated by generation Z. Generation Z is the generation that born in 1996-2009. The TikTok application can be easily accessed by everyone. The purpose of this quantitative research is to determine whether or not the delivery of information on the TikTok application has an effect on the consumptive behavior of Generation Z and also how much influence it has. The theoretical basis used in this research is information integration theory, integrated marketing communication (marketing mix, digital marketing), social media marketing, and consumptive behavior. The research method used in this research is a survey and data collected through a questionnaire. The results of this study indicate that there is an effect of delivering information on the consumptive behaviour of Generation Z by 37.4%. The dimension that most influences is the dimension of clarity of information on the variables of information delivery. In the consumptive behavior variable, the most affected dimensions are the dimensions of cost efficiency and following the fashion.

Pada masa pandemi COVID-19, masyarakat diharuskan untuk di rumah saja. Hal tersebut membuat masyarakat butuh akan hiburan. Aplikasi TikTok adalah salah satu aplikasi yang sedang viral pada masa pandemi COVID-19 ini. Pengguna dapat menuangkan kreativitasnya pada aplikasi TikTok. Pemasaran suatu produk pun dapat dilakukan pada aplikasi TikTok. Pengguna pada aplikasi TikTok didominasi oleh generasi Z. Generasi Z adalah generasi yang lahir pada tahun 1996-2009. Aplikasi TikTok dapat dengan mudah diakses oleh semua orang. Tujuan dari penelitian kuantitatif ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penyampaian informasi pada aplikasi TikTok terhadap perilaku konsumtif generasi Z dan juga seberapa besar pengaruh tersebut. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori integrasi informasi (information integration theory), komunikasi pemasaran terpadu (marketing mix, digital marketing), social media marketing, dan perilaku konsumtif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dan data-data yang dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penyampaian informasi terhadap perilaku konsumtif generasi Z sebesar 37.4%. Dimensi yang paling mempengaruhi adalah dimensi kejelasan informasi pada variabel penyampaian informasi. Pada variabel perilaku konsumtif, dimensi yang paling dipengaruhi adalah dimensi inefisiensi biaya dan mengikuti mode.

Article Details

How to Cite
Wijaya, N., & Setyo Utami, L. S. (2021). Pengaruh Penyampaian Informasi pada Aplikasi TikTok terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z. Prologia, 5(2), 267–276. https://doi.org/10.24912/pr.v5i2.10171
Section
Articles
Author Biographies

Novia Wijaya, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Lusia Savitri Setyo Utami, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Dewangga, R. D. A. (2017). Pengaruh Penyampaian Informasi Website UPI (WWW.UPI.EDU) Terhadap Kepuasan Informasi Mahasiswa UPI [Other, Universitas Pendidikan Indonesia]. https://doi.org/10/S_IKOM_1204421_Appendix.pdf

Geraldine, G. (2019). Pengaruh Daya Tarik Konten Social Media Marketing Instagram Buku NKCTHI (Nanti Kita Cerita tentang Hari ini) terhadap Niat Beli Konsumen [PhD Thesis]. Universitas Multimedia Nusantara.

In, A. W. K., & Asyik, N. F. (2019). Pengaruh Kompetensi dan Independensi terhadap Kualitas Audit Dengan Etika Auditor Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi (JIRA), 8(8), Article 8. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jira/article/view/2451

Iskandar. (2020, Agustus 12). Apa yang Membuat TikTok Disukai Generasi Z?. Retrieved September 14, 2020, from Liputan6 Online: https://www.liputan6.com/tekno/read/4328268/apa-yang-membuat-tiktok-disukai-generasi-z

Ivana, I. (2019). Pengaruh Aktivitas Social Media Marketing Instagram Beauty Online Platform Sociolla terhadap Perilaku Konsumtif [PhD Thesis]. Universitas Multimedia Nusantara.

Juliandi, A., Manurung, S., & Satriawan, B. (2018). Mengolah Data Penelitian Bisnis dengan SPSS. Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Liputan6.com. (2020, September 01). Viral di TikTok, Produk Kosmetik Lokal Kebanjiran Order. Retrieved September 29, 2020, from Liputan6 Online: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4340636/viral-di-tiktok-produk-kosmetik-lokal-kebanjiran-order

Parlindungan, N. S., & Tamburian, H. D. (2020). Analisis Komunikas Pemasaran pada Wirausahawan di Jakarta Dalam Menarik Minat Beli Konsumen. Prologia, 4(1), 34–39.

Prianbodo, B. (2018). Pengaruh “TikTok” terhadap Kreativitas Remaja Surabaya [PhD Thesis]. Stikosa-AWS.

Rakhmayanti, Intan. (2020, Februari 11). Pengguna TikTok di Indonesia Didominasi Generasi Z dan Y. Retrieved September 14, 2020, from Sindo News Online: https://autotekno.sindonews.com/berita/1523692/207/pengguna-tiktok-di-indonesia-didominasi-generasi-z-dan-y

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

TikTok.com. Retrieved September 18, 2020, from TikTok Website: https://www.tiktok.com/about?lang=en

Utomo, Aris Heru. (2020, Februari 28). Membaca Peta Pengguna TikTok dan Aplikasi Media Sosial Lain di Indonesia. Retrieved September 14, 2020, from Kompasiana Online: https://www.kompasiana.com/arisheruutomo/5e58c3edd541df2396062422/membaca-peta-pengguna-tiktok-dan-aplikasi-media-sosial-lain-di-indonesia?page=all#section2