Pengaruh Komunikasi Pada Social Media Marketing Instagram Terhadap Brand Image Wardah (Studi Kasus: Followers @Wardahbeauty)

Main Article Content

Monicca Monicca
Widayatmoko Widayatmoko

Abstract

Pada saat ini social media khususnya Instagram merupakan salah satu media yang sering digunakan banyak orang. Menurut Social Media Marketing dari New York “We Are Social” pada tahun 2018, pengguna aktif Instagram dari Indonesia sebanyak  38% atau kurang lebih 262 juta pengguna. Wardah merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan sosial media Instagram sebagai saluran untuk mengkomunikasikan informasi suatu produk kepada konsumen secara meluas. Manfaat dari social media bagi perusahaan yaitu untuk menaikkan brand image, membangun hubungan dengan konsumen secara tidak langsung dan meningkatkan penjualanan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh social media marketing Instagram (X) terhadap brand image Wardah (Y) pada followers Instagram @wardahbeauty. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori social media menurut Chris Heur (2010) terdapat 4C dengan dimensi context, communication, collaboration, dan connection, serta menggunakan teori brand image menurut Kotler dan Keller (2013) dengan dimensi kepribadian, reputasi, nilai-nilai dan identitas perusahaan. Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah followers akun Instagram @wardahbeauty pertanggal 11 April 2018 sebanyak 1,3 juta dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dan teknik sampling insidental. Dari penelitian diperoleh hasil persamaan regresi linear Y = 17,079 + 0,608 X dan nilai signifikasi 0,000 yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara sosial media marketing Instagram terhadap brand image Wardah pada followers Instagram @wardahbeauty.

Article Details

How to Cite
Monicca, M., & Widayatmoko, W. (2018). Pengaruh Komunikasi Pada Social Media Marketing Instagram Terhadap Brand Image Wardah (Studi Kasus: Followers @Wardahbeauty). Prologia, 2(1), 130–137. https://doi.org/10.24912/pr.v2i1.2408
Section
Articles
Author Biographies

Monicca Monicca, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Widayatmoko Widayatmoko, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Kinanti, Syafira dan Putri, Berlian. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @zapcoid Terhadap Brand Equity Zap Clinic. https://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi/article/view/1991

Lusiana, Devita, Widayatmoko dan Pribadi, Adi Muhammad. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Kuliner Para followers akun @JKTFOODBANG, Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Nisfiannoor, Muhammad. (2013). Pendekatan Sistematika Modern: Aplikasi dengan Software SPSS dan EViews. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti

Priansa, Donni Juni. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Sosial Media. Bandung: Penerbit Pustaka Setia Bandung

Rumman, As’ad dan Alhadid, Anas. (2014). The Impact Of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan, Applied Science Private University, Amman, Jordan

Sugiyono. (2013)..Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta