Pemanfaatan Social Traffic untuk Meningkatkan Page Views Pada Video “Gagasan Isengin Acil ! Leri Marah” Di Akun Youtube dan Instagram Dalang Pelo

Main Article Content

Gresia Indah Putri
Diah Ayu Candraningrum

Abstract

In this digital era, new media such as Instagram and Youtube has become the most popular media, especially among teenagers. With the advanced of these new media, content creators have been using Instagram and Youtube as platform to express ideas, creativity and upload their works. One of favourable content video in Youtube is Dalang Pelo's animated content that is funny and interesting. The creator content that made the video animation, is Nur Alif Ramadhan. The author is interested in analyzing Dalang Pelo's animation because currently there are many video animations with similar content, but it still exist. The purpose of this study is to find out how publisher gets a high page view on Dalang Pelo's Youtube video. The theory used is the New Media Theory which contains the concepts of website traffic, social traffic, and high page views. The research method used is a case study with a qualitative approach. In this study, the author wants to find out how Dalang Pelo’s video utilizes social traffic strategy to increase page views on it’s Instagram and Youtube accounts through interviews, observations and documentation. The results of this study can be conclude that the creator of Dalang Pelo utilizes two social media which are currently widely used by the community. By converting these media strategically, they can get a high number of page views.

 

Di era digital ini media baru seperti Instagram dan Youtube menjadi media yang paling banyak digemari remaja. Dengan kemunculan media baru ini membuat para konten kreator menggunakan Instagram dan Youtube sebagai tempat untuk menuangkan ide, kreatifitas serta mengunggah hasil karya mereka. Salah satu konten yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat adalah konten animasi Dalang Pelo yang lucu dan menarik. Konten kreator yang membuat animasi tersebut adalah Nur Alif Ramadhan. Penulis tertarik untuk menganalisis video animasi Dalang Pelo karena saat ini banyak animasi yang serupa dengan kontennya, tetapi ia tetap mampu bersaing serta mempertahankan eksistensinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana publisher mendapatkan pageview tinggi di video Youtube Dalang Pelo. Teori yang digunakan adalah teori Media Baru yang didalamnya berisi konsep traffic website, social traffic, dan page views tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini penulis ingin mengetahui cara Dalang Pelo memanfaatkan  social traffic untuk meningkatkan page views di akun Instagram dan Youtube Dalang Pelo melalui wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kreator Dalang Pelo memanfaat dua media sosial yang saat ini banyak digunakan masyarakat dengan cara mengkonvergensikan media tersebut sehingga bisa mendapatkan jumlah page view yang tinggi.

Article Details

How to Cite
Putri, G. I., & Candraningrum, D. A. (2019). Pemanfaatan Social Traffic untuk Meningkatkan Page Views Pada Video “Gagasan Isengin Acil ! Leri Marah” Di Akun Youtube dan Instagram Dalang Pelo. Prologia, 3(2), 519–524. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6409
Section
Articles
Author Biographies

Gresia Indah Putri, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Diah Ayu Candraningrum, Universitas Tarumanagara

Ffakultas Ilmu Komunikasi

References

Badri, Muhammad. (2011). Corporate Marketing and Communication. Jakarta Universitas Mercu Buana.

Creswell, J. W. (2010). Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

Himawan, Arisantoso & Saefullah, A. (2015). Analisa Pengaruh Penggunaan Search Engine Optimization (SEO) Pada Website E-Commerce. Proceedings in Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO).

Kuswarno, Engkus (2009). Metedologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi; Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian, Bandung: Widya Padjajaran.

Pandrianto, Nigar & Gregorius Genep Sukendro. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Volume 10, Nomor 2.

Sayugi. (2018). Content Creator dalam Kacamata Industri Kreatif : Personal Branding Dalam Media Sosial. Diakses pada tanggal 10 Oktober 2019 pukul 18.45 WIB. Terarsip di: http://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/7824/maklhsc472_Daniel_Content%20creator-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Soliha. (2015). Tingkat ketergantungan pengguna media sosial dan kecemasan sosial. Jurnal Interaksi.

Walgito, Bimo. (2010). Bimbingan dan Konseling Studi & Karir. Yogjakarta: Andi.