Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Impulsive Buying (Studi pada Pemanfaatan Enhypen oleh Brand Nabati Goguma)

Isi Artikel Utama

Aneesa Joenice Putri
Wulan Purnama Sari

Abstrak

South Korean popular culture, particularly K-Pop, has become a global phenomenon that influences consumer patterns, including in Indonesia. In the context of marketing, the use of celebrity endorsers has proven effective in attracting consumer attention, such as the collaboration between Nabati and Enhypen in promoting the Nabati Goguma product. This study aims to analyze the impact of celebrity endorsers on impulsive buying behavior, using a quantitative method with a survey of 100 Enhypen fans as respondents. Celebrity endorsers can be explained through four dimensions: Visibility, Credibility, Attraction, and Power. The impulsive buying behavior studied includes: spontaneity in purchasing, buying without consideration, appeal, and the desire for immediate acquisition. The analysis results show that celebrity endorsers have a significant impact on impulsive buying, with a contribution of 31% based on simple linear regression analysis. The results from the mean test show the highest value in the attraction dimension for both variables, emphasizing the importance of visual appeal in marketing strategies to create an emotional connection with the audience. This study recommends exploring other dimensions, such as credibility and visibility, as well as optimizing visual appeal in marketing campaigns to enhance promotional effectiveness.


Budaya populer Korea Selatan, khususnya K-Pop, telah menjadi fenomena global yang memengaruhi pola konsumsi masyarakat, termasuk di Indonesia. Dalam konteks pemasaran, penggunaan celebrity endorser terbukti efektif untuk menarik perhatian konsumen, seperti kolaborasi antara Nabati dan Enhypen dalam mempromosikan produk Nabati Goguma. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh celebrity endorser terhadap perilaku impulsive buying, menggunakan metode kuantitatif dengan survei 100 responden penggemar Enhypen. Celebrity endorser dapat dijelaskan melalui empat dimensi yaitu: Visibility, Credibility, Attraction dan Power. Perilaku impulsive buying yang diteliti mencakupi: spontanitas pembelian, pembelian tanpa pertimbangan, daya tarik dan keinginan segera. Hasil analisis menunjukkan bahwa celebrity endorser memiliki pengaruh signifikan terhadap impulsive buying, dengan kontribusi sebesar 31% berdasarkan analisis regresi linear sederhana. Hasil pada uji mean diperoleh nilai tertinggi pada dimensi daya tarik pada kedua variabel yang menekankan pentingnya daya tarik visual dalam strategi pemasaran untuk menciptakan hubungan emosional dengan audiens. Penelitian ini merekomendasikan eksplorasi dimensi lainnya, seperti credibility dan visibility, serta optimalisasi daya tarik visual dalam kampanye pemasaran untuk meningkatkan efektivitas promosi.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putri, A. J., & Sari, W. P. (2025). Pengaruh Celebrity Endorser terhadap Impulsive Buying (Studi pada Pemanfaatan Enhypen oleh Brand Nabati Goguma). Prologia, 9(1), 57–64. https://doi.org/10.24912/pr.v9i1.33167
Bagian
Articles

Referensi

Nguyen, T. H. N., Tran, N. K. H., Do, K., & Tran, V. D. (2024). The Role of Product Visual Appeal and Sale Promotion Program on Consumer Impulsive Buying Behavior. Emerging Science Journal, 8(1), 297–309. https://doi.org/10.28991/ESJ-2024-08-01-021

Permatasari, B. (2019). Pengaruh Daya Tarik, Kepercayaan dan Keahlian Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal TECHNOBIZ, 3(No. 16), 31–36. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/technobiz/article/view/446

Prasastiswi, A. (2024, July 11). Fenomena Musik Korea: Indonesia Tempati Posisi Ke-3 Pasar K-Pop Dunia. Goodstats.Id. https://goodstats.id/article/fenomena-musik-korea-indonesia-tempati-posisi-ke-3-dalam-pasar-k-pop-dunia-gcIpb

Pratami, R., & Sari, A. (2020). Korean Celebrity Brand Ambassador as a Strategy to Increase Sales of PT. Shopee Indonesia (Study: “Gfriend” In Shopee 11.11 Big Sale). Mediator: Jurnal Komunikasi, 13(2), 249–262. https://doi.org/10.29313/mediator.v13i2.6090

Purnomo, H., & Riani, L. P. (2018). Analisis Hedonic Shopping Motives Terhadap Impulse Buying Toko Daring pada Masyarakat Kota Kediri. Ekspektra : Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 68–88. https://doi.org/10.25139/ekt.v2i1.719

Raja, S. R. (2018). A Study On The Role Of Brand Ambassadors In Consumer Buying Behaviour Of Soft Drink. International Journal of Engineering Development and Research, 6(3), 262–267. www.ijedr.org

Ronaldo Yolanda Putra, Syifa Nurul Fadillah, Annisa Afifah Nugroho, & Ifta Firdausa Nuzula. (2022). Analysis of Factors Contributing to Impulse Buying Behavior of E-Commerce Users. Journal of Management Studies and Development, 1(01), 48–67. https://doi.org/10.56741/jmsd.v1i01.43

Roshan, P. A. A., & Sudiksa, I. B. (2019). Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Purchase Intention. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(8), 5164. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p17

Sanaky, M. M., Saleh, M. La, & Titaley, D. H. (2021). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama MAN 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 434–439. https://doi.org/https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Sekar Dinny, D. A., & Purwanto, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Perilaku Konsumtif Fans NCT Dream terhadap keputusan Pembelian Mie Lemonilo. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 7(2), 762. https://doi.org/10.33087/jmas.v7i2.622

Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 54–58. https://doi.org/https://doi.org/10.46975/aliansi.v17i2.428

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Utami, L., & Winduwati, S. (2020). Fandom and Voluntary “ARMY”: Case Study on BTS Fans in Indonesia. Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH), 478, 667–673.

Wahyuningtyas, F. Y., & Fatmawati. (2020). Pengaruh Produk, Harga, Tempat dan Promosi (Marketing Mix) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Dapur Mpok Duren. Jurnal Solusi, 15, 63–78. https://doi.org/10.51277/keb.v15i1.70

Wijaya, E., & Oktariana, Y. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Impulsive Buying Pada Hodshop Bengkulu. Jurnal Ekombis Review, 7(1), 10–22. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/ekombis.v7i1.696

Artikel Serupa

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.