Pengaruh Selebriti Endorser Instagram Terhadap Minat Beli Followers

Main Article Content

Sabrina Dimelia
Farid Rusdy

Abstract

Saat ini banyak pemilik akun instagram menjadi selebriti endorser dari sebuah produk.  Tujuan penelitiaan ini untuk mengetahui Pengaruh Selebriti Endorser Instagram @awkarin Terhadap Minat Beli Followers. Peneliti menggunakan empat teori yaitu Sosial Media, Instagram, Selebriti Endorser dan Minat Beli. Peran selebriti endoser yaitu mengiklankan berbagai produk untuk menarik perhatian atau minat beli para pengikut akun tersebut. Selebriti Endorser memiliki empat indikator yaitu : visibility, credibility, attraction, power. Sedangkan Variabel Minat Beli memiliki empat indikator :attention, interest, desire, action. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan populasi followers akun instagram @awkarin sebanyak 4,3 juta pengguna dengan sampel 100 responden. Jawaban dari hasil uji koefisien korelasi terpengaruh selebriti endorser kepada  minat beli termasuk sedang dengan jawaban 0.457. Selain itu melihat hasil jawban dari uji t hipotesis diantara Selebriti Endorser (X) dan variable Minat Beli (Y) dapat hasil berimbang seperti Selebriti Endorser (X) tidak memiliki pengaruh terhadap followers. Tapi dari variabel Minat Beli ada pengaruh terhadap minat followers. Selain itu dari uji t menunjukkan bahwa followers dari Instagram kurang melihat peran @awkarin sebagai selebriti endorser tetapi mereka lebih melihat terhadap produk yang di endorse sehingga menimbulkan pengaruh terhadap minat beli followers

Article Details

How to Cite
Dimelia, S., & Rusdy, F. (2019). Pengaruh Selebriti Endorser Instagram Terhadap Minat Beli Followers. Prologia, 3(1), 247–254. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6247
Section
Articles

References

Abdullah, Thamrin (2003), Manajemen Produksi dan Industri Kecil. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Assael, Henry. (2001). Consumer Behavior. Edisi keenam. New York: Thomson Learning.

Ashari, Purbayu Budi Santoso. (2005). Analisis Statistik dengan Microsoft Exel dan SPSS. Yogyakarta: Andi

Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program. IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit.

Husein, Umar. 2008. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta. PT Rajagrafindo Persada

Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik praktis riset komunikasi: disertai contoh praktis riset media, public relation, advertising, komunikasi organisas, komunikasi pemasaran. Jakarta: Kencana

Meikle, G., & Young. S, 2012. Media Convergnce: Networked Digital Media in Eveyday life, Basingstoke: Palgrave Macmillan.

Nisfiannoor, Muhammad. (2013). Pendekatan Statistika Modern: Aplikasi dengan Software SPSS dan E-Views. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti

Rangkuti, Freddu (2002). Measuring Customer Satification Teknik Mengukur dan strategi meningkatka kepuasan pelanggan dan analisis kasus PLN-JP, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Rizky, M.F. & Yasin, H. (2014), Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Minat Beli Perumahan Obama PT. Nailah Adi Kurnia Sei Mencirim Medan. Jurnal Manajemen & Binsis, Vol. 14(2), hal. 135-143.

Royan Frans M. 2004. Sales Force (Meningkatkan Penjualan Dengan Rancangan Bangun Sales Force Effective)

Shimp,Terence (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran.Terpadu, Jilid I ( edisi 5), Jakarta: Erlangga

Sumarwan, Ujang. 2004. Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Siregar, Syofian. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Kencana

Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & B, Bandung: Alfabeta

Siregar, Syofian. (2015). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama

Umar, Husein. 2004. Riset Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Van Dijck, J. 2013. The Culture of Connectivity: A Critical History of Social Media, Oxford, UK: Oxford University Press Warsito,

Hermawan. 1992. Pengantar Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Tahun 2015, Luh Dwi Mariyanti dan Gede Bayu Rahanatha Pengaruh Celebrity Endorser Dan Pesan Iklan Di Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Es Krim Walls Magnum Belgium Chocolate Vol 4 No 10

Tahun 2017, Paula Halim Pengaruh Selebriti Endorser Ayu TingTing Melalui Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen ( Studi Kasus Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Univeristas Tarumanagara Satu Tahun 2016)

Tahun 2018, Putri Oktavia Haliem Pengaruh Terpaaan Media Line Webtoon “Wonderwall” Terhadap Opini Pembaca Mengenai Isu Kesehatan Mental

Tahun 2017, Silvia Caroline Pengaruh Celebrity Endorser Prilly Latuconsina Dan Penggunaan Televisi Sebagai Media Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Slai Olai Versi Cocok Banget

http://eprints.ums.ac.id/50937/3/BAB%20I.pdf

https://www.kajianpustaka.com/2018/12/pengertian-aspek-bentuk-dan-peran-endorser.html

http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/245/2/BAB%20II.pdf

http://dosensosiologi.com/pengertian-penelitian-kuantitatif-ciri-dan-jenisnya-lengkap/

http://eprints.dinus.ac.id/8895/1/jurnal_14036.pdf

https://media.neliti.com/media/publications/84414-ID-pengaruh-celebrity-endorser-terhadap-min.pdf

https://www.instagram.com/awkarin/