Kopi dan Bauran Pemasaran (Studi Fenomenologi Kedai 9 Cups Coffee and Roastery)

Archie Gredyon, Wulan Purnama Sari
| Abstract views: 129 | views: 218

Abstract

9 Cups Coffee and Roastery adalah sebuah kedai kopi kecil yang tidak hanya menjual minuman namun juga menjual kopi secara retail. Latar belakang penelitian ini dimulai dari jumlah kedai kopi di Jakarta yang mulai bertambah secara signifikan berdasarkan data yang diambil melalui event Jakarta Coffee Manual yang diadakan oleh Manual Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh kedai 9 Cups Coffee and Roastery untuk tetap dapat mempertahankan bisnisnya dari kedai-kedai kopi yang semakin bertambah jumlahnya. Untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh kedai 9 Cups Coffee and Roastery, penulis berfokus menggali pada teori bauran pemasaran yang mencakup 4P (price, place, product, promotion) dan lebih spesifik dalam menggali komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh kedai 9 Cups Coffee. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Key Informant dalam penelitian ini adalah pemilik kedai 9 Cups Coffee and Roastery serta barista yang bekerja di kedai tersebut. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh 9 Cups Coffee melalui wawancara dan observasi partisipatif. Dapat disimpulkan dari penelitian ini, bauran pemasaran yang paling efektif digunakan oleh 9 Cups Coffee and Roastery merupakan komunikasi pemasaran word of mouth karena banyaknya konsumen produk 9 Cups Coffee and Roastery yang merekomendasikan kembali produk mereka dengan cara posting di media sosial.

Keywords

Bauran Pemasaran; Komunikasi Pemasaran; word of mouth; personal selling.

Full Text:

PDF

References

Kotler, Philip. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Dharmesta. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.

Bungin, Burhan. (2010). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Kusniadji, Suherman. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia di Semarang). Jurnal Komunikasi, Volume 8 No. 1, 83-98.

https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/49.

https://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/17/10/01/ox4r5w396-wow-

indonesia-produsen-kopi-terbesar-keempat-di-dunia

https://manual.co.id/article/manual-jakartas-debut-print-issue-jakarta-coffee-

manual-jcm-2017/

https://majalah.ottencoffee.co.id/sejarah-first-second-and-third-wave-coffee/

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.