Pengaruh Brand Ambassador Iwan Fals Dalam Iklan Top Coffee Terhadap Minat Beli Ibu Rumah Tangga di Pasar Modern Sinpasa, Gading Serpong, Tangerang
Main Article Content
Abstract
Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia, yang menghasilkan dua jenis kopi Arabica dan Robusta yang memiliki karakter khas dan berbeda. Dengan meningkatnya perkembangan iklan, Wings Foods sebagai produsen Top Coffee berlomba untuk mencari cara berpromosi. Salah satu cara promosi adalah dengan menggunakan selebriti sebagai brand ambassador. Metodologi penelitian ini merupakan metodologi kuantitatif yang menggunakan paradigma klasik dengan penelitian eksplanatif kausal dimana akan dijelaskan pengaruh brand ambassador terhadap minat beli konsumen dan metode survei. Populasi dan sampel penelitian ini sebanyak 70 responden, yaitu para pengunjung ibu rumah tangga di Pasar Modern Sinpasa, Gading Serpong, Tangerang yang selalu mengkonsumsi kopi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sample. Penggunaan bintang iklan Iwan Fals dalam iklan Top Coffee, dikarenakan Iwan Fals memiliki kelebihan, yaitu sebagai penyanyi yang melegenda dan mudah dikenal oleh semua kalangan serta memiliki penggemar spesial. Penelitian ini menggunakan model TEARS untuk membahas variabel brand ambassador yang terdiri dari trustworthiness, expertise, physical attractiveness, respect, dan similarity. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, hasil temuan dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan brand ambassador terhadap minat beli konsumen produk Top Coffee. Hal ini dapat dikatakan terdapat pengaruh yang kuat antara penggunaan artis Brand Ambassador Iwan Fals dengan minat beli konsumen. Sehingga dalam penelitian ini ternyata terdapat pengaruh Brand Ambassador Iwan Fals dalam iklan Top Coffee terhadap minat beli ibu rumah tangga di Pasar Modern Sinpasa, Gading Serpong, Tangerang.
Article Details
References
Effendy, O. (2003). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosdakarya.
Kotler, P. dan Kevin, L. Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jakarta: Indeks.
Kriyantono, R. (2008). Manajemen Periklanan. Malang: UB Press.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Suhandang, K. (2008). Pengantar Jurnalistik: Seputar Organisasi, Produk, & Kode Etik. Bandung: Nuansa Cendekia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi, Dilengkapi dengan Metode, R & D, edisi revisi cetakan ketujuhbelas. Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis, Dilengkapi dengan Metode, R & D, edisi revisi cetakan kesebelas. Bandung: ALFABETA
Wardani, M.I. (2011). Hubungan Anggun C. Sasmi sebagai Brand Ambassador iklan Anlene dengan Brand Image Anlene. Diakses pada 22 Mei 2017 pukul 11.34 dari http://www.library.upnvj.ac.id/pdf/3fisippdf/207612180/bab1.pdf