Pengaruh Strategi Pesan Iklan Imagine Your Korea Dalam Membangun Brand Awareness

Chintya Melinda, Riris Loisa, Lusia Savitry Setyo Utami
| Abstract views: 119 | views: 79 | views: 66

Abstract

Seiring perkembangan zaman, media massa ikut  berkembang dengan pesat sehingga menjadi lebih beragam, baik dalam bentuk maupun fungsi. Begitu juga pada media iklan yang kini sudah mulai merambah memanfaatkan perkembangan elektronik, atau biasa dikenal dengan media digital. Maka dari itu, pemilihan media harus disesuaikan dengan produk dan target sasaran produk tersebut, karena penempatan media memiliki pengaruh yang besar terhadap keberhasilan iklan. Pada penelitian ini penulis menganalisa apakah strategi pesan iklan Imagine Your Korea melalui media youtube di Indonesia dapat menarik masyarakat Indonesia untuk berpariwisata dan menjelajahi negara Korea. Strategi pesan dari iklan tersebut dikemas dengan berbagai pendekatan sehingga memunculkan suatu Brand awareness yang telah dibahas sebelumnya. Penulis menggunakan pendekatan metode kuantitatif untuk melakukan penelitian hingga mengolah dan memperoleh hasil yang diinginkan oleh penulis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah penulis lakukan terhadap variabel-variabel dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang terjadi antara kedua variabel dengan angka uji t = 7,926. Pengaruh yang terjadi juga menunjukkan pengaruh yang signifikan dengan jumlah tingkat signifikasi = 0,000 < 0,05. Dengan kata lain, Ha diterima seluruhnya, dan Ho ditolak. Berdasarkan perhitungan regresi dari data penelitian, strategi iklan 46,4% mempengaruhi brand awareness iklan Imagine Your Korea. Sedangkan sisanya, yaitu sebesar 53,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Keywords

iklan; korea; strategi pesan iklan; brand awareness

Full Text:

PDF PDF

References

Anwar, Sutoyo. (2009). Pemahaman Individu, Observasi, Checklist, Interviu, Kuesioner, dan sosiometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bungin, Burhan. (2005). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia.

Dinasty. (2011). Pengaruh Iklan Teh Botol Sosro terhadap Kesadaran Merek (Brand Awareness) Konsumen di Kota Padang. Skripsi tidak diterbitkan. FE UNAND.

Moriarty, Sandra, Nancy Mitchell, dan William Wells. (2011). Advertising Edisi 8. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Buzz Korea. (2014). About Buzz Korea. Retrieved April 13, 2015, from

iBuzz Korea: http://www.ibuzzkorea.com/about/aboutbuzz.html

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.