Pengaruh Iklan Tips Lawan Covid-19 ala Allianz Indonesia terhadap Kepercayaan Merek

Main Article Content

Vinny Sugiarto
Riris Loisa
Sudarto Sudarto

Abstract

Youtube is one of the social media places to carry out a promotion from a company. In this study, PT Allianz Indonesia uses the social media Youtube as a means of marketing their products through advertisements that attract the attention of Youtube users. The purpose of this study is to determine the effectiveness of Allianz Indonesia's Tips Against Covid-19 advertisements on Youtube on the brand trust of Allianz Indonesia Youtube subscribers.The data processing technique in this research is to use quantitative analysis techniques. Quantitative analysis is done by analyzing a problem that is manifested quantitatively. Quantitative analysis in this study is carried out by quantifying research data so as to produce the information needed in the analysis. The tests carried out were the Normality Test, Validity Test and Multiple Linear Regression Test. Data collection was carried out on 100 respondents who met the criteria where respondents in this study were Youtube users who had watched Allianz Indonesia's Tips against Covid-19 ad on Youtube and were domiciled in Jakarta. The independent variables of this study consist of messages in advertisements, themes in advertisements and models in advertisements. Meanwhile, the dependent variable in this study is brand trust. Based on the testing technique carried out, it can be concluded that the message in advertisements, ad themes and advertising models have an effect on brand trust.


Youtube merupakan salah satu media social tempat untuk melakukan sebuah promosi dari perusahaan. Pada Penelitian ini PT Allianz Indonesia menggunakan media social Youtube sebagai alat melakukan pemasaran produk mereka melalui iklan-iklan yang menarik perhatian dari pengguna Youtube. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas iklan Tips Lawan Covid-19 Ala Allianz Indonesia di Youtube terhadap kepercayaan merek dari pelanggan Youtube Allianz Indonesia. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif dilakukan dengan cara melakukan analisis terhadap suatu permasalahan yang diwujudkan dengan kuantitatif. Analisis kuantitatif dalam penelitian ini dilakukan dengan cara mengkuantifikasi data-data penelitian sehingga menghasilkan informasi yang dibutuhkan dalam analisis. Uji yang dilakukan ialah Uji Normalitas, Uji Validitas dan Uji Regresi Linear Berganda. Pengumpulan data dilakukan terhadap 100 responden yang memenuhi kriteria dimana responden dari penelitian ini adalah pengguna Youtube yang pernah menonton iklan Tips lawan Covid-19 ala Allianz Indonesia di Youtube dan berdomisili di Jakarta. Variabel independen dari penelitian ini terdiri atas Pesan dalam iklan, Tema Iklan dan Model dalam Iklan. Sedangkan Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Kepercayaan merek atau Brand Trust. Berdasarkan Teknik pengujian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa Pesan dalam Iklan, tema iklan dan model iklan berpengaruh terhadap kepercayaan merek.

Article Details

How to Cite
Sugiarto, V., Loisa, R., & Sudarto, S. (2022). Pengaruh Iklan Tips Lawan Covid-19 ala Allianz Indonesia terhadap Kepercayaan Merek. Prologia, 6(1), 66–70. https://doi.org/10.24912/pr.v6i1.10288
Section
Articles
Author Biographies

Vinny Sugiarto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Riris Loisa, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Sudarto Sudarto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Dinda, A., Rara, D dan Irwansyah. 2018. Efektivitas iklan Youtube Traveloka Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Demandia Vol.3 No.1. Hal 77-96.

Herlyana, F dan Utami, L.S.S. 2020. Pengaruh Daya Tarik Iklan di Konvergensi Media Terhadap Brand Awareness (Studi Iklan Tiket.com di Youtube pada Kalangan Generasi Z di Jakarta ). Jurnal Prologia Vol.4 No.1. Hal 160-166.

Pratomo, Yudha. (2019). APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. Diakses dari https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa.

Yunianto, H. R dan Sirine, H. 2018. Pengaruh Iklan terhadap Minat Beli Pengguna Youtube dengan Brand Recognition Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol.8. Hal 21-28