Pengaruh Terpaan Media Berita Hoax di Instagram terhadap Opini Masyarakat Milenials Akan Sumber Berita

Main Article Content

Jason Roy
Ahmad Junaidi

Abstract

News that is often popupler among the millennial community is hoax news or hoax news that is often shared by a handful of irresponsible elements. Every day a lot of hoax news is spread by individuals who are not responsible for taking advantage in terms of political excellence or the economy. This hoax news about Covid-19 has a big impact, because Media Exposure for Instagram users who often read or watch a hoax news conveyed by the news, thus changing public opinion to believe the truth of the hoax news. This study aims to determine the effect of Instagram Media Exposed hoax news on Public Opinion. The research method used is quantitative methods. The number of respondents in this study were 70 people who were Instagram users and had seen or watched Hoax news. Analysis of the data used in this study is the Validity Test, Reliability Test, Normality Test, Correlation Test, Determination Test, Simple Linear Regression Analysis Test. From the results of the study, it was found that there is an influence of Instagram hoax news as Media Exposure to Public Opinion in the amount of 58.7% on the variable Y (Public Opinion). The remaining 41.3% is influenced by other factors not included in this study.

Berita yang sering kali popupler di kalangan masyarakat milenial ini adalah berita hoax atau berita bohong yang sering dibagikan oleh segelintir oknum yang tidak bertanggung jawab. Setiap harinya banyak berita hoax yang disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengambil keuntungan dalam segi keungguluan politik maupn perekonomian. Berita hoax tentang Covid-19 ini memiliki dampak yang besar, karena Terpaan Media bagi pengguna Instagram yang sering membaca atau menonton sebuah berita hoax yang di sampaikan oleh berita tersebut, sehingga merubah Opini masyarakat menjadi percaya akan benarnya berita hoax tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh berita hoax Instagram Terpaan Media terhadap Opini Publik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 70 orang yang merupakan Pengguna Instagram dan pernah melihat atau menonton berita Hoax. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Korelasi, Uji Determinasi, Uji Analisis Regresi Linier Sederhana. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa terdapat pengaruh dari berita hoax Instagram sebagai Terpaan Media terhadap Opini Publik yaitu sebesar sebesar 58,7% terhadap variabel Y (Opini Publik). Sisanya sebesar 41,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ada dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
Roy, J., & Junaidi, A. (2020). Pengaruh Terpaan Media Berita Hoax di Instagram terhadap Opini Masyarakat Milenials Akan Sumber Berita. Koneksi, 4(2), 280–285. https://doi.org/10.24912/kn.v4i2.8138
Section
Articles
Author Biographies

Jason Roy, Universitas Tarumangara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Ahmad Junaidi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Septanto, H. (2018). Pengaruh Hoax dan Ujaran Kebencian Sebuah Cyber Crime dengan Teknologi Sederhana di Kehidupan Sosial Masyarakat. Jurnal Sains dan Teknologi Kalbi Scientia Vol. 5 No. 2

Siregar, Syofian. (2017). Metode Penelitian Kuantiatif: Dilengkapi Perbandingan

Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sujarweni, Wiratna. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.