Partisipasi Publik pada Postingan Instagram @narasinewsroom terkait UU Ciptaker
Main Article Content
Abstract
At the beginning of its preparation, the Ciptakerja Law received a huge response from the public, many of whom provided support, but most of them gave rejection. one of the media that became a source of information by the public was Instagram, especially the @narasinewsroom account. Narasi newsroom presents actual information on the issue of the Ciptaker Law from the beginning of its formation to its ratification, so that it has a wide reach, this can be seen from how the public participates in the content uploaded by Narasi newsroom. This research uses a Qualitative approach with a case study method. The subject in this study is audience research related to the ciptaker law on the Instagram content of the Narasi newsroom with comments on the Narasi newsroom Instagram account as the object of research. Data collection techniques use primary data, namely interviews and observations and secondary data, namely online data searches, tada analysis techniques using content analysis and sentiment analysis with data validity techniques using data triangulation, research and topic deepening carried out since March 23, 2023. The conclusion of this research is that through Instagram the dissemination of information is easier and reaches a wider public, this can be seen from the various responses from the public to the information disseminated.
Pada awal penyusunannya UU ciptakerja mendapat respon yang begitu besar dari masyarakat banyak yang memberikan dukungan, namun sebagian besar memberikan penolakan. salah satunya media yang menjadi sumber informasi oleh masyarakat adalah Instagram khususnya akun @narasinewsroom. Narasi newsroom menghadirkan informasi aktual mengenai isu UU Ciptaker sejak awal pembentukan hingga pengesahannya, sehingga dengan jangkauan yang luas, hal ini dilihat dari bagaimana publik berpartisipasi pada konten yang di unggah oleh Narasi newsroom. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah partisipasi publik terkait UU ciptaker di konten Instagram narasi newsroom dengan komentar pada akun Instagram narasi newsroom sebagai objek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer yakni wawancara dan observasi serta data sekunder yakni penelusuran data online, teknik analisis tada menggunakan analisis konten dan analisis sentimenm dengan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data, penelitian dan pendalaman topik dilakukan sejak 23 maret 2023. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui Instagram penyebaran informasi lebih mudah dan menjangkau publik lebih luas hal ini dilihat dari berbagai respons dari masyarakat pada informasi yang disebarkan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Ahmad, & Setiadi. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Retrieved November 28, 2023, from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/cakrawala/article/download/1283/1055
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 1–9. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1951
Dewi Nurmasari Pane, SE., Mm. R. A. SE., M. S. M. E. F. S. M. S. (2019). Peran Media Sosial Instagram Dalam Interaksi Sosial Antar Siswa Sma Negeri 2 Binjai (Studi Pada Jurusan Ips Angkatan 2016). 11.
Karin Wahl-Jorgensen. (N.D.). The Handbook Of Journalism Studies.
Kojongian, M. K., Tumbuan J. F. A. Willem, & Ogi W. J . Imelda. (1966). Efektifitas Dan Efisiensi Bauran Pemasaran Pada Wisata Religius Ukit Kasih Kanonang Minahasa Dalam Menghadapi New Normal. 10. Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/V3/Index.Php/Emba/Article/View/44515/40614
Kustiawan, W., Siregar, K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Fatma, Z., Gaja, S., & Pakpahan, N. (N.D.). Komunikasi Massa. Journal Analytica Islamica, 11(1), 2022. https://www.researchgate.net.ac,id.
Liubana, I. W., & Setyanto, Y. (n.d.). Analisis Peranan dan Penggunaan Media Sosial dalam Mengomunikasikan Informasi di Komunitas 234SC Jakarta Utara.
Ngongare, A., Rompas, W. Y., & Kiyai, B. (n.d.). Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan Desa Di Desa Hatetabako Kecamatan Wasile Tengah Kabupaten Halmahera Timur.
Noerroslina, S., Reinaldo Aran, R., & Hariyati, F. (2023). Mukasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Analisis Komentar Negatif Kelangkaan Minyak Goreng Pada Akun Instagram @Megawatisoekarnoputri.Id. 2(1), 86–97. Https://Doi.Org/10.54259/Mukasi.V2i1.1376
Novitaria, V., & Rusdi, F. (2021). Analisis Komentar Followers Terhadap Identitas Gender Beauty Influencer Laki-Laki Di Instagram (Vol. 5, Issue 2).
Setiawan, H., & Handayani, W. (N.D.). Gatekeeping Konten Viral Media Sosial (Studi Kasus Harianjogja.Com, Jogja.Tribunnews.Com, & Suarajogja.Id) The Gatekeeping Of Social Media Viral Content (Case Study Of Harianjogja.Com, Jogja.Tribunnews.Com, And Suarajogja.Id.
Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. In Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis (Vol. 2, Issue 1).
Wijaya, H. (n.d.). Analisis Data Kualitatif Model Spradley (Etnografi).