Pesan Kesadaran Sosial dalam Lirik Lagu Taylor Swift “Mean”
Main Article Content
Abstract
Low social awareness can lead to bullying, which has a negative impact on individuals. Therefore, social awareness is essential to prevent bullying. Social awareness can be raised through various media, like song lyrics. Lyrics containing messages of social awareness can be used to grow social awareness on society. Song lyrics are a form of mass communication that can convey messages to a wide audience. Through lyrics, songs can deliver various messages, including those related to social awareness. This research aims to identify and describe the representation of social awareness messages in the lyrics of the song "Mean" using a qualitative approach and Ferdinand de Saussure's semiotic analysis method. The study is grounded in concepts of mass communication, song lyrics, popular culture, popular music, and social awareness messages. The results reveal that the lyrics of "Mean" in stanzas 1, 2, 5, and 6 represent social awareness messages to prevent bullying by potraying its harmful effects. Meanwhile, stanzas 3, 4, 7, 8, 9, and 10 provide motivation and support to the bullying victims, encouraging them to build self-confidence and courage to stand on their own feet.
Rendahnya kesadaran sosial dapat mengakibatkan terjadinya perundungan yang berdampak buruk pada individu. Oleh karena itu, kesadaran sosial diperlukan untuk mencegah perundungan. Kesadaran sosial dapat dibangun melalui berbagai media salah satunya melalui lirik lagu. Lirik lagu yang mengandung pesan kesadaran sosial dapat menjadi sarana untuk membangun kesadaran sosial dalam masyarakat. Lirik lagu merupakan salah satu bentuk komunikasi massa yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan kepada khalayak luas. Melalui lirik lagu, lagu dapat mengandung berbagai pesan, termasuk pesan kesadaran sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pesan kesadaran sosial yang direpresentasikan dalam lirik lagu “Mean” menggunakan pendekatan kualitatif dan metode analisis semiotika Ferdinand De Saussure. Penelitian dilakukan menggunakan landasan konsep komunikasi massa, lirik lagu, budaya populer, musik populer dan pesan kesadaran sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa lirik lagu “Mean” pada bait 1, 2, 5 dan 6 merepresentasikan pesan kesadaran sosial guna mencegah perundungan dengan menggambarkan dampak buruk perundungan serta pada bait 3, 4, 7, 8, 9 dan 10 memberi motivasi dan dukungan kepada korban perundungan untuk membangun kepercayaan dan keberanian diri agar dapat bangkit dari perundungan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Abute, E. La. (2019). Konsep Kesadaran Sosial Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 186–195. https://lonsuit.unismuhluwuk.ac.id/glasser/article/view/338
Aisyah, S. H., & Hidayah, U. (2024). Pembentukan Karakter Social Awareness Melalui Pendidikan Agama Islam Berbasis Habit Forming. AL-MUADDIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 286–303. https://doi.org/https://doi.org/10.46773/muaddib.v6i1.1000
Cindy, & Utami, L. S. S. (2024). Analisis Semiotika Pesan Afirmasi pada Lirik Lagu DAY6 ‘Marathon.’ Koneksi, 8(2), 286–294. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v8i2.27543
Dusenbury, L., & Weissberg, R. P. (2017). Social Emotional Learning in Elementary School: Preparation for Success. The Education Digest, 83(1), 36–43. https://prevention.psu.edu/wp-content/uploads/2022/09/rwjf436221-SELElemSchl.pdf
Farahdila, Z., & Utami, L. S. S. (2023). Analisis Semiotika Makna Optimisme pada Lirik Lagu K-Pop NCT Dream “Hello Future.” Koneksi, 7(2), 315–324. https://doi.org/10.24912/kn.v7i2.21379
Farthing, L. (2023, July). “Mean (Taylor’s Version)” by Taylor Swift - Lyrics & Meaning. Holler. https://holler.country/news/general/mean-taylor-s-version-by-taylor-swift-lyrics-and-meaning/
Hakim, L., & Rukmanasari, F. (2023). Representasi Pesan Motivasi Dalam Lirik Lagu K-Pop “Beautiful” By NCT (Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure). Al-Ittishol: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 19–38.
https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/ittishol/article/view/630
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali, Ed.; 1st ed., Vol. 1). Wal ashri Publishing.
Kustiawan, W., Siregar, F. K., Alwiyah, S., Lubis, R. A., Gaja, F. Z., Pakpahan, N. S., & Nurhayat. (2022). Komunikasi Massa. Journal Analytica Islamica, 11(1), 1–9. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/jai.v11i1.11923
Madjdiyah, N. (2022). Thematic Analysis In Taylor Swift’s Speech On First-Ever “Woman Of The Decade” Award At The Billboard Women In Music 2019 [Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang]. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/18521
Ma’rufi, A., Suryana, Y., & Muslihin, H. Y. (2018). Hubungan Sikap Berani dengan Kepercayaan Diri pada Kegiatan Senam Irama. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 287–296. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/13296
Najla, A. N. (2020). Dampak Mendengarkan Musik Terhadap Kondisi Psikologis Remaja. Jurnal Edukasi, 1(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31234/osf.io/fwujn
Rais, M. R. (2022). Kepercayaan Diri (Self Confidence) Dan Perkembangannya Pada Remaja. AL-IRSYAD: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 12(1), 40. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v12i1.11935
Rustanta, A. (2023). Dangdut Koplo as a Manifestation of Popular Culture In Indonesia. Jurnal Komunikasi, 15(2), 259–269. https://doi.org/10.24912/jk.v15i2.20684
Sasongko, M. H. (2016). Mata Kuliah Musik Pop dalam Kurikulum Pendidikan Tinggi Seni di Indonesia. Promusika, 4(1), 21–31. https://doi.org/https://doi.org/10.24821/promusika.v4i1.2269
Tirmidziani, A., Farida, N. S., Lestari, R. F., Trianita, R., Khoerunnisa, S., & Khomaeny, E. F. F. (2018). Upaya Menghindari Bullying Pada Anak Usia Dini Melalui Parenting. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 2(1), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.239