Gaya Penyajian Berita Kumparan dan Minat Baca Generasi Z di Media Digital
Main Article Content
Abstract
Technological developments cause all aspects to adapt to keep up with the times. The process of disseminating information is one that is affected by developments over time, this certainly has a positive impact because the speed of information dissemination does not require a long time. News media as companies are starting to shift in disseminating information from print media to digital media. This impact has caused many digital media companies to start competing to provide speed in presenting news. Kumparan is a news media that takes advantage of current developments. This research will focus on the news presentation style used by Kumparan, which is considered capable of influencing reading interest, especially generation Z. This research uses a quantitative approach with a survey method conducted on active students of the Faculty of Communication Sciences, Tarumanagara University. Data analysis on respondents used the SPSS version 2.9 application. The results of the Correlation Coefficient show that there is a positive relationship between the two variables: News Presentation Style and Reading Interest. This statement is reinforced by the results of the coefficient of determination which shows that News Presentation Style has an influence of 54.4% on Reading Interest.
Perkembangan teknologi menyebabkan segala aspek melakukan adaptasi mengikuti perkembangan zaman. Proses penyebaran informasi menjadi salah satu yang terdampak perkembangan zaman, hal ini tentu berdampak positif karena kecepatan penyebaran informasi tidak memerlukan waktu yang lama. Media berita sebagai perusahaan yang mulai beralih dalam menyebarkan informasi dari media cetak menjadi media digital. Dampak ini menyebabkan banyak perusahaan media digital mulai berlomba-lomba memberikan kecepatan pada penyajian berita. Kumparan merupakan salah satu media berita yang memanfaatkan perkembangan zaman. Pada penelitian ini akan berfokus kepada gaya penyajian berita yang dilakukan oleh Kumparan, yang dinilai mampu memberikan pengaruh terhadap minat membaca khususnya generasi z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan pada mahasiswa aktif Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara. Analisis data pada responden menggunakan aplikasi SPSS versi 2.9. Hasil Koefisien Korelasi menunjukan adanya hubungan yang positif terhadap kedua variabel Gaya Penyajian Berita dengan Minat Membaca. Pernyataan tersebut diperkuat dengan hasil koefisien determinasi yang menunjukan bahwa Gaya Penyajian Berita memberikan pengaruh sebesar 54,4% terhadap Minat Membaca.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Abidin, M. (2022). Urgensi Komunikasi Model Stimulus Organism Response (S-O-R) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Nivedana: Jurnal Komunikasi Dan Bahasa, 3(1), 47–59. https://doi.org/10.33477/alt.v6i2.2525
Ade Nurlita, Masitoh Br. Simbolon, Rahmatan Lil Alamain, E. E. (2022). Gaya Penulisan Berita dan Feature. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Anand, A., Chakraborty, T., & Park, N. (2017). We used neural networks to detect clickbaits: You won’t believe what happened next! Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 10193 LNCS, 541–547. https://doi.org/10.1007/978-3-319-56608-5_46
Annisa, F., & Junaidi, A. (2022). Implementasi Bahasa Jurnalistik pada Media Siber (Analisis Wacana pada Berita Okezone.com Kanal Perjalanan). Koneksi, 6(1 SE-Articles), 101–109. https://doi.org/10.24912/kn.v6i1.15471
Chaerdinan Etnanta, Y., & Irhandayaningsih, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA N 1 Semarang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7932-7940.
Ciptadi, S. G., & Armando, A. (2018). Upaya Agensi Melawan Logika Jangka Pendek Jurnalisme Daring: Studi Kasus Tirto.id. Jurnal Komunikasi Indonesia, 7(1). https://doi.org/10.7454/jki.v7i1.9690
Estrella, N., & Rusdi, F. (2022). Pengaruh Minat Pembaca Media Online Tempo.Co terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi pada Generasi Z. Koneksi, 6(2), 408–415. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15793
Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2021). Perilaku Generasi Z Terhadap Penggunaan Media Sosial Tiktok: TikTok Sebagai Media Edukasi dan Aktivisme. Share : Social Work Journal, 10(2), 199. https://doi.org/10.24198/share.v10i2.31443
Gafur, A. (2020). Abdul Gafur Askadiv Digital Lampung Post. 11.
Ghofur, A., & Rachma, E. A. (2019). Pemanfaatan Media Digital Terhadap Indeks Minat Baca Masyarakat Kabupaten Lamongan. Jurnal Studi Sosial, 4(2), 85–92. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5524
Khadafi, S. M. (2022). Analisis Framing Aksi Baim Wong Memarahi Kakek Suhud (analisis framing pemberitaan Baim Wong dengan kakek Suhud di media online Detik.com & Tempo.co edisi 13 Oktober 2021). 1–23. http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8893
Khaerani, A. (2021). Pengaruh Penyajian Berita Infografis.
Kho, S., & Yoedtadi, M. G. (2024). Pengaruh Berita Politik dan Perilaku Pemilih Mahasiswa Etnis Tionghoa. Koneksi, 8(1 SE-Articles), 9–15. https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.21635
M. Romli, A. S. (2018). Jurnalistik Online, Panduan Mengelola Media Online (I. Kurniawan (ed.); 2nd ed.). Nuansa Cendikia.
Marwan, M. R. (2018). Analisa Penyebaran Berita Hoax Di Indonesia. UG Jurnal, 12(2), 16. http://ravii.staff.gunadarma.ac.id/Publications
Priskila, R., Sari, N. N. K., & Arief, M. R. (2022). Aplikasi Portal Berita Berbasis Website (Studi Kasus: Lintasberita1.Com). Journal of Information Technology and Computer Science, 2(3), 199–208. https://doi.org/10.47111/jointecoms.v2i3.8864
Rusdi, F., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Industri Kreatif Dalam Memanfaatkan Identitas Kota Melalui Media Baru. Jurnal Komunikasi, 10(1 SE-Articles), 95–102. https://doi.org/10.24912/jk.v10i1.1221
Saksono, E. H. (2023). Fakultas Ilmu Komunikasi ( Studi Berita Online Kumparan . Com ) Hari Saksono Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Sahid Model Flow of News Bass Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model flow of news ( alur berita ) yang dikembangkan oleh A . M Hoeta. The Source Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1).
Yoedtadi, M. (2024). Buku-Konvergensi Media Televisi dan Media Sosial.