Persepsi Generasi Z dengan Pernyataan “Kerja Sesuai Passion” dalam Menentukan Profesi

Main Article Content

Shinta Octavia
Wulan Purnama Sari

Abstract

This research was conducted because researchers wanted to see Generation Z's (Gen Z) perceptions of the statement "Work According to Passion" which is widely discussed on social media. Reporting from katadata.id, Gen Z is the largest internet user in Indonesia, with almost 40 million people. Social media can be accessed by various groups of people, one of them is teenagers or Gen Z. With social media, information can develop rapidly, so that it can create different perceptions for everyone. The purpose of conducting this research is to find out Gen Z's perception of the statement "Work According to Passion" and as a reference when Gen Z chooses a profession. This research approach is quantitative with descriptive statistical data processing techniques to find the average value of Gen Z perceptions. The sampling technique used is simple random sampling (SRS) with a total of 130 respondents. The results of this study show that the highest average result is in the statement "I want a job that matches my passion," and the lowest average result is the statement "Work According to Passion," which is a pressure for me. It can be concluded that the results of Gen Z perceptions show that the majority of Gen Z want to be able to work according to their passion.


Ramai diberitakan di media sosial terhadap pernyataan “Kerja Sesuai Passion” terutama di kalangan generasi Z. Dilansir dari katadata.id, Gen Z merupakan pengguna internet terbanyak di Indonesia yaitu hampir 40 juta jiwa. Media sosial dapat diakses oleh beragam kalangan masyarakat, salah satunya remaja atau Gen Z. Dengan adanya media sosial, informasi dapat berkembang dengan pesat, sehingga hal tersebut dapat menciptakan persepsi yang berbeda di setiap orang. Adapun tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi Gen Z terhadap pernyataan “Kerja Sesuai Passion” serta sebagai acuan ketika Gen Z menentukan profesi. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengolahan data statistik deskriptif untuk mencari nilai rata-rata dari persepsi Gen Z. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling (SRS) dengan jumlah sebanyak 130 responden. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa hasil hitung rata-rata tertinggi yaitu ada pada pernyataan “Saya menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan passion saya” dan hasil hitung rata-rata terendah dengan pernyataan ‘Kerja Sesuai Passion’ merupakan tekanan bagi saya”. Dapat disimpulkan bahwa hasil persepsi Gen Z menunjukkan bahwa mayoritas Gen Z menginginkan untuk dapat bekerja sesuai dengan passion.

Article Details

How to Cite
Octavia, S., & Sari, W. P. (2024). Persepsi Generasi Z dengan Pernyataan “Kerja Sesuai Passion” dalam Menentukan Profesi. Koneksi, 8(1), 25–33. https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.21659
Section
Articles

References

Generasi Manusia, Anda Masuk Kelompok Mana? : Okezone Edukasi. (n.d.). Retrieved January 2, 2023, from https://edukasi.okezone.com/read/2019/02/24/65/2022109/6-generasi-manusia-anda-masuk-kelompok-mana

Akbar, R. F. (2015). Analisis Persepsi Pelajar Tingkat Menengah Pada Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 10(1), 189–210. https://doi.org/10.21043/edukasia.v10i1.791

Arieska, P. K., & Herdiani, N. (2018). Pemilihan Teknik Sampling Berdasarkan Perhitungan Efisiensi Relatif. Jurnal Statistika, 6(2), 166–171.

Efendi, A., Fatimah, C., Parinata, D., & Ulfa, M. (2021). Pemahaman Gen Z Terhadap Sejarah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 116–126. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i2.pp116-126

Emynorane, R. H. (2019). Identifikasi Persepsi Guru Swasta Dalam Memilih Profesi Guru: Studi Kasus Di SMA Swasta Kota Malang. Education and Human Development Journal, 5(1), 33–42. https://doi.org/10.33086/ehdj.v5i1.1208

Gen-Z Paling Banyak Sebar Berita di Media Sosial Tanpa Verifikasi. (n.d.). Retrieved November 30, 2022, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/02/01/gen-z-paling-banyak-sebar-berita-di-media-sosial-tanpa-verifikasi

Jeperson Hutahaean, Harmayani, Dicky Apdilah, Sri Rahayu, E. S. S. (n.d.). Literasi Digital: Bijak Dalam Berekspresi Dan Bermedia Sosial - Google Books. Retrieved October 2, 2022, from https://www.google.co.id/books/edition/Literasi_Digital_Bijak_Dalam_Berekspresi/CgZ2EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=fungsi+media+sosial+kietzmann&pg=PA9&printsec=frontcover

Lovianna, W. V. (2022). Analisa Pengaruh Passion Dan Worker Engagement Terhadap Motivasi Kerja Pt. Inovasi Informasi Indonesia [Universitas Kristen Duta Wacana]. https://katalog.ukdw.ac.id/7112/

Monica, & Prasetya, W. (2015). Analisa Pengaruh Passion dan Worker Engagement Terhadap Motivasi Kerja dan Potensi Individu (Studi Kasus : pada PT . Asjaya Indosurya Securities). Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, November, 1–7.

Muljono, P. (n.d.). Metodologi Penelitian Sosial. Retrieved October 3, 2022, from https://www.google.co.id/books/edition/Metodologi_Penelitian_Sosial/H4Z-EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1

Nisa, F. K., Viratama, A. B., & Hidayanti, N. (2020). Analisis Pencarian Informasi Remaja Generasi z dalam Proses Pengambilan Keputusan Belanja Online (Analisis pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tidar). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(2), 146. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i2.8377

Panjaitan, O. W. O., Mahrita, A., & Rahayu, R. (2020). Persepsi Dan Minat Generasi Z Dalam Berkoperasi Guna Mendorong Keberlanjutan Koperasi (Studi Pada Cu Betang Asi). Competence : Journal of Management Studies, 14(2), 234–250. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v14i2.8966

Rusdiana. (n.d.). ORGANISASI LEMBAGA PENDIDIKAN - Google Books. Retrieved October 2, 2022, from https://www.google.co.id/books/edition/ORGANISASI_LEMBAGA_PENDIDIKAN/zUtWEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

Sembiring, A. B., & Oktavianti, R. (2021). Persepsi Siswa SMA Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Koneksi, 5(1), 120. https://doi.org/10.24912/kn.v5i1.10191

Sianturi, S. (2021). Persepsi Penggemar Pasangan Boys Love (BL Ship) terhadap Homoseksualitas. Koneksi, 5, 305. https://doi.org/https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10312

Sumiwi, C. (2016). HUBUNGAN MINAT TERHADAP PEKERJAAN DENGAN KEPUASAN KERJA PADA KARYAWAN PT. PLAMBO PEMALANG [Universitas Katolik Soegijapranata]. In SKRIPSI, Fakultas Psikologi. http://repository.unika.ac.id/13123/9/11.40.0055 Carolina Maria Arinta Ratri Sumiwi LAMPIRAN.pdf

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>