Studi Komunikasi Verbal dan Non Verbal Game Mobile Legends: Bang Bang

Elvi Valentina, Wulan Purnama Sari

Abstract


Game Mobile Legends: Bang Bang merupakan jenis game multiplayer online battle arena (MOBA) yang dipublikasikan oleh perusahaan Moonton. Game ini menampilkan modus pertempuran lima lawan lima, pertarungan classic 3-lane, serta pertandingan negara melawan negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi verbal pemain game Mobile Legends: Bang Bang dan juga untuk mengetahui komunikasi non verbal pemain game Mobile Legends: Bang Bang. Dalam menganalisis penelitian ini, penulis menggunakan teori komunikasi verbal dan non verbal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis fenomenologi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam game Mobile Legends: Bang Bang terdapat saluran komunikasi verbal berupa discord, microphone dan voice chat, komunikasi non verbalnya berupa sticker, emoji. Sedangkan bentuk komunikasi verbal berupa mabar (main bersama), squad (tim atau kelompok bermain dalam game), bentuk komunikasi non verbal berupa istilah-istilah khusus seperti noob, AFK, GG, GGWP, savage, buff, dan sebagainya.


Keywords


Hiburan; Game; MOBA; Komunikasi Verbal; Komunikasi Non Verbal

Full Text:

PDF

References


Adams & Rollings. (2007). Fundamentals Of Game Design (Second Edition). Barkeley, CA: New Riders.

Azeharie, Suzy (2015). Pola Komunikasi Antara Pedagang dan Pembeli di Desa Pare, Kampung Inggris Kediri. Jurnal Komunikasi, Vol 7, No. 2, hal 207-223. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/19/40

Handaya, Soewarno. (1980). Pengantar Ilmu Study Dan Manajemen. Jakarta: CV Haji Mas Agung.

Hardjana, Agus M. (2003). Komunikasi Interpersonal dan Komunikasi Antarpribadi. Yogyakarta: Kanisius.

Miles, Mattew B., & Amichael Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif Buku sumber tentang Metode-Metode Baru. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohisi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, As’adi. (2009). Menghidupkan Otak Kanan Anak Anda. Yogyakarta: Power Books.

Young. (2005). Massively Multiplayer Role Playing Game (MMPRG). Korea: School of Business.




DOI: http://dx.doi.org/10.24912/kn.v2i2.3899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal Indexed by:

 

Reference Management Tool:


 ========================================================================================

Creative Commons License

KN by http://journal.untar.ac.id/index.php/koneksi  This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

========================================================================================

   

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Jln. S. Parman No:1 Lantai 11 Gedung Utama Jakarta Barat: 11440
Phone : 021-5671747 (hunting)
Fax : 021-56958736, 56044

Web Analytics Made Easy - StatCounter View My Stats