Kompetensi Penulis Popmama IDN Media dan Minat Baca Mahasiswa Fikom Untar
Main Article Content
Abstract
Popmama IDN Media is one of the leading digital platforms in Indonesia, focusing on content related to family life, pregnancy, health, lifestyle, parenting, and various other topics. The writing ability of a creative writer plays a crucial role in enhancing the quality of content, driving innovation in news delivery, and attracting readers to engage with a story every day. Reading interest is a strong and deep attention, accompanied by a feeling of pleasure in reading activities, which can invite someone and increase their interest in reading on their own accord, without coercion. Researchers aim to determine the extent to which the competence of creative writers at Popmama IDN Media influences the reading interests of Fikom Untar students. By using a quantitative approach and survey techniques, questionnaires were distributed to Fikom Untar students. Data analysis of 100 respondents using the SPSS version. 29. In the correlation coefficient results, a positive relationship is obtained. It can be said that an increase will also follow every increase in Creative Writer Competence in Reading Interest. The results of the coefficient of determination showed that Creative Writer Competence had a 58.8% effect on Reading Interest.
Popmama IDN Media, adalah salah satu platform digital di Indonesia yang berfokus pada konten seputar kehidupan keluarga, kehamilan, Kesehatan, gaya hidup, parenting, dan berbagai topik lainnya. Kemampuan menulis seorang penulis kreatif berperan sangat penting untuk meningkatkan kualitas konten, inovasi dalam penyampaian berita, dan menarik minat pembaca untuk membaca sebuah berita setiap harinya. Minat baca adalah suatu perhatian yang kuat dan mendalam, juga diikuti dengan perasaan senang dengan kegiatan membaca sehingga dapat mengajak seseorang dan meningkatkan minat baca seseorang dengan kemauannya sendiri tanpa paksaan. Peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi penulis kreatif di Popmama IDN Media terhadap minat baca mahasiswa Fikom Untar. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan dengan menggunakan teknik survei dengan cara menyebarkan kuesioner yang ditujukan kepada mahasiswa Fikom Untar. Analisis data terhadap 100 responden menggunakan aplikasi SPSS ver. 29. Pada hasil koefisien korelasi, diperoleh hubungan yang bersifat positif. Hal ini dapat dikatakan setiap kenaikan dari Kompetensi Penulis Kreatif akan diikuti juga pada kenaikan dari Minat Baca. Pada hasil koefisien determinasi, diperoleh bahwa Kompetensi Penulis Kreatif berpengaruh sebesar 58,8% terhadap Minat Baca.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Koneksi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Anggraeni, K. (2017). Efektivitas Model Menulis Kolaborasi Dengan Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.590
Etnanta, Y. C., & Irhandayaningsih, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa SMA N 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 371–380. Diambil dari https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23095
Febrina, L. (2017). Pengaruh minat baca cerpen terhadap keterampilan menulis cerpen siswa kelas X MAN 1 Padang. Menara Ilmu: Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 11(74). https://doi.org/https://doi.org/10.33559/mi.v11i74.81
Fitriani, Y. (2018). Pengaruh Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Kelas Vi Sd Negeri 68 Palembang. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 8(2), 32–42. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v8i2.2082
Kho, S., & Yoedtadi, M. G. (2024). Pengaruh Berita Politik dan Perilaku Pemilih Mahasiswa Etnis Tionghoa. Koneksi, 8(1), 9–15. https://doi.org/10.24912/kn.v8i1.21635
Mahmur, M., Hasbullah, H., & Masrin, M. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kalimat terhadap Kemampuan Menulis Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(02), 169. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i02.7408
Nur, S. (2014). Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Peserta Didik Kelas VIII MTs Dissabeng. Jurnal Pepatuzdu, 7(1), 27–38. Diambil dari https://journal.lppm-unasman.ac.id/index.php/pepatudzu/article/view/12/11
Putra, M. C., & Yoedtadi, M. G. (2021). Pengaruh Pembawa Acara terhadap Minat Menonton dalam Komunitas (Survei Talkshow Tonight Show pada Komunitas Tonight Mania). Koneksi, 5(2), 359. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10370
Septhin, K., Mulawarman, W. G., & Suhatmady, B. (2018). Hubungan Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Teks Ekposisi Siswa Kelas XI SMK Negeri 9 Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 89–100. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.12
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kuliatatif, dan Kombinasi. Bandung: Alfabeta.