Strategi Promosi Program Radio Trijaya melalui @mnctrijayafm

Main Article Content

Jovan Raphael Wibowo
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

The development of information and communication technology over the past two decades has given rise to a new medium: social media. Social media facilitates communication and information dissemination, while also serving as a platform for education, entertainment, and business opportunities. These opportunities have encouraged companies, including Trijaya FM, to leverage social media. The author chose the use of Instagram (@mnctrijayafm) as a promotional medium for the radio's programs as the object of this study. The subjects of this research include a Social Media Specialist, a Trijaya Producer, and Trijaya listeners. This study examines Trijaya FM's marketing strategies using a qualitative approach with a case study method, referencing theories of strategy, marketing communication, promotion, and Instagram. The findings show that marketing strategies focusing on current issues and delivering engaging content on social media successfully captured the audience's attention, significantly increasing Trijaya FM's listenership.


Media sosial memberikan kemudahan proses komunikasi dan penyebaran informasi serta menjadi sarana edukasi, hiburan, dan peluang bisnis. Salah satu radio, Trijaya FM, memanfaatkan media sosial Instagram (@mnctrijayafm) sebagai media promosi program radio. Penelitian ini bertujuan menjelaskan strategi pemasaran Trijaya FM menggunakan instagram @mnctijayafm. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, yang mengacu pada konsep strategi, komunikasi pemasaran, promosi, dan Instagram. Objek dalam penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Trijaya FM dalam mempromosikan programnya, sementara subjek dalam penelitian ini adalah Trijaya FM.  Spesialis media sosial, produser dan salah satu pendengar Radio Trijaya menjadi narasumber penelitian untuk menggali strategi pemasaran  dalam memasarkan program radio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang mengangkat isu terkini dan menyajikan konten menarik di media sosial berhasil menarik perhatian audiens sehingga  meningkatkan jumlah pendengar Trijaya FM.

Article Details

How to Cite
Wibowo, J. R., & Yoedtadi, M. G. (2025). Strategi Promosi Program Radio Trijaya melalui @mnctrijayafm. Koneksi, 9(1), 160–167. https://doi.org/10.24912/kn.v9i1.33303
Section
Articles
Author Biographies

Jovan Raphael Wibowo, Universitas Tarumanagara

Fikom Untar

Moehammad Gafar Yoedtadi, Universitas Tarumanagara

Fikom Untar

References

Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1.

Darsana, I. M. (2022). Strategi Pemasaran. Infes Media.

Ebrahim, R. S. (2020). The Role of Trust in Understanding the Impact of Social Media Marketing on Brand Equity and Brand Loyalty. Journal of Relationship Marketing, 19, 2020(4).

Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran (Tim Qiara Media). Qiara Media.

Gobel, V. S. J., Mingkid, E., & Waleleng, G. J. (2017). Analisis Komunikasi Pemasaran Satuan Penugasan Pariwisata Di Provinsi SulawesiUtara (Studi Pada Program Kunjungan 10.000 Turis Tiongkok). Acta Diurna, 6(1).

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Wal ashri Publishing.

Jayadi, A., Saputra, R. D. A., Sofyan, A. T., & Hidayat, S. (2023). Strategi Promosi Program Studi Melalui Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis, 16(2). https://ejurnal.ung.ac.id/index.php/ONM/index

Kuro, ummul. (2021). Pengaruh Promosi dan Diskon Terhadap Daya Tarik Closing Online Shop Mahasiswa Di STKIP PGRI Bangkalan.

Kusniadji, S. (2016). Suherman Kusniadji: Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang) Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods (Studi Kasus Pada PT Expand Berlian Mulia Di Semarang). Jurnal Komunikasi, 8.

Martowinangun, K., Lestari, D. J. S., & Karyadi. (2019). Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Di CV. Jaya Pekasa Motor Rancaekek Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Ilmu Sosial : Co-Management, 1(1).

Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2018). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook (4th ed.). SAGE Publications.

Nursanjaya, S. (2021). Memahami Prosedur Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Memudahkan Mahasiswa. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(1).

Sandra, K. I. (2018). Efektivitas Penyiaran Berita Melalui Radio Di Kalangan Generasi Z (Rentang Usia 16-23 Tahun). Jurnal Diklat Keagamaan, 12.

Timpal, E. T. V, Pati, A. B., & Pangemanan, F. (2021). Strategi Camat Dalam Meningkatkan Perangkat Desa di Bidang Teknologi Informasi di Kecamatan Ratahan Timur Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Governance, 1(2).

Yoedtadi, M. G. (2024). Konvergensi Media Televisi dan Media Sosial. Deepublish. https://www.researchgate.net/publication/382690492

Yolanda, & Wijanarko, D. H. (2018). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Merek Aqua Serta Implikasinya Terhadap Citra Merek Di Fakultas Ekonomi Universtas Ekonomi. Jurnal Manajemen, 06(1A), 88.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.