Strategi Komunikasi Penggiat Batik Dalam Membangun Kecintaan Masyarakat Terhadap Batik Tradisional

Jovita Jovita, Eko Harry Susanto, Kurniawan Hari Siswoko
| Abstract views: 143

Abstract

Industri batik tradisional Indonesia tengah menghadapi permasalahan pelik yang cukup mempengaruhi eksistensi batik di mata masyarakat. Hal ini mendorong para penggiat batik untuk terus mengupayakan berbagai cara mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini membahas strategi komunikasi yang dilakukan para penggiat batik dalam membangun kecintaan masyarakat terhadap batik tradisional. Peneliti menggunakan konsep komunikasi persuasif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara tidak terstruktur, studi kepustakaan, penelusuran data online dan observasi. Subjek penelitian adalah Yayasan Batik Indonesia dan Museum Tekstil. Informan kunci mewakili penggiat batik yakni Prof. Rahardi Ramelan, Tumbu Rahardi Ramelan, Ir. Doddy Soepardi H.A.R, Mayasari Sekarlaranti, Lila Cokronagoro, Sari Permana, Muh. Zaenudin. AMD.Sn, S.Hut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk membangun kecintaan masyarakat terhadap batik tradisional, Yayasan Batik Indonesia dan Museum Tekstil melakukan berbagai upaya komunikasi persuasif yang diwujudkan dalam bentuk sosialisasi sebagai strategi komunikasi penggiat batik. 

Keywords

Komunikasi Persuasif, Batik, Perubahan Sosial Budaya

References

Mulyana, Deddy., & Rakhmat Jalaluddin. (2005). Komunikasi Antarbudaya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Supriono, Yohanes Primus. (2017). Ensiklopedia The Heritage of Batik Identitas Pemersatu Kebanggaan Bangsa. Yogyakarta: Andi.

DeVito, Joseph. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.

Syah, Dedi Kurnia. (2016). Komunikasi Lintas Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Susanto, Eko Harry. (2013). Komunikasi Politik dan Otonomi Daerah: Tinjauan terhadap Dinamika Politik dan Pembangunan. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Moleong, L.J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Copyright (c) 2018 Koneksi

Refbacks

  • There are currently no refbacks.