Vaping Sebagai Bagian Dari Budaya Populer (Studi Gaya Hidup pada Perempuan Berhijab Pengguna Vape di Komunitas @hijabvapersindonesia)

Main Article Content

Audrey Andrea Hastan
Suzy S. Azeharie

Abstract

Penggunaan vape merupakan salah satu bentuk budaya populer yang banyak dilakukan oleh masyarakat. Penelitian ini ingin melihat satu komunitas pengguna vape yang terdiri dari para perempuan berhijab yang tergabung dalam grup Instagram @hijabvapersindonesia karena komunitas tersebut merupakan komunitas hijab vapers satu-satunya di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya hidup pada perempuan berhijab pengguna vape di media sosial Instagram. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Data yang berhasil dikumpulkan selanjutnya diuji keabsahannya menggunakan triangulasi sumber data dengan narasumber seorang pemuka agama Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif dari kegiatan vaping yang dilakukan oleh para perempuan berhijab tersebut adalah karena gaya hidup dan pekerjaan. Penggunaan vape tersebut diawali dari hobi yang kemudian berlanjut menjadi pekerjaan sebagai seorang influencer.

Article Details

How to Cite
Hastan, A. A., & Azeharie, S. S. (2019). Vaping Sebagai Bagian Dari Budaya Populer (Studi Gaya Hidup pada Perempuan Berhijab Pengguna Vape di Komunitas @hijabvapersindonesia). Koneksi, 2(2), 226–232. https://doi.org/10.24912/kn.v2i2.3889
Section
Articles
Author Biographies

Audrey Andrea Hastan, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Suzy S. Azeharie, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Bungin, Burhan. (2012). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Cangara, Hafield. (2014). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Chaney, David. (1996). Lifestyles: Sebuah Pengantar Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra

Handayani, Abmi. (2012). Perempuan Berbicara Kretek. Jakarta: Indonesia Berdikari

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/berhenti-merokok/bahaya-vape-rokok-elektrik diakses pada 6 September 2018 pukul 23.05 WIB.

Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.

Rismiati, C. & Suratno, B. (2001). Pemasaran Barang dan Jasa. Yogyakarta: Kanisius.

Syah, Dedi Kurnia. (2016). Komunikasi Lintas Budaya Memahami Teks Komunikasi, Media, Agama dan Kebudayaan Indonesia. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

West, Richard dan Lynn H. Turner. (2008). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi. (Buku 1, Edisi 3). Terjemahan Maria Natalia.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>