STAY dan Fenomena Interaksi Parasosial pada Aplikasi Bubble For JYPnation

Main Article Content

Maria Angelica Tendean
Lusia Savitri Setyo Utami

Abstract

Parasocial interactions are interactions that occur between ordinary individuals and artists or media figures they admire. Stray Kids is a boy group from South Korea and is under JYP Entertainment. Stray Kids has fans with the nickname STAY. The Bubble for JYPnation application is an application used by Stray Kids members to communicate and interact with their fans. This research analyses the phenomenon of parasocial interaction that occurs between STAY and Stray Kids members through the Bubble for JYPnation application. The theories and concepts used in this research are uses and gratification theory, new media, parasocial interaction, and fans. The approach used is a qualitative approach with phenomenological methods. The data in this study were collected through observation, interviews, literature study, and documentation. When using the bubble for the JYPnation application, STAY can fulfill their social interaction needs because Stray Kids members are quite active in it. In addition to getting the latest information, STAY can also feel closer to the personnel, like a friend.


Interaksi parasosial adalah interaksi yang terjadi antara individu biasa dengan artis atau tokoh media yang mereka kagumi. Stray Kids merupakan boygroup yang berasal dari Korea Selatan dan berada di bawah naungan JYP Entertainment. Stray Kids memiliki penggemar dengan julukan STAY. Aplikasi Bubble for JYPnation merupakan sebuah aplikasi yang digunakan oleh para anggota Stray Kids untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan penggemar mereka. Penelitian ini menganalisis tentang fenomena interaksi parasosial yang terjadi antara STAY dengan para anggota Stray Kids melalui Aplikasi Bubble for JYPnation. Teori dan konsep yang digunakan di dalam penelitian ini adalah teori uses and gratification, new media, interaksi parasosial, dan penggemar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Data dalam penelitian ini diambil melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Ketika menggunakan Aplikasi Bubble for JYPnation, STAY dapat memenuhi kebutuhan interaksi sosial yang mereka butuhkan karena para anggota Stray Kids cukup aktif di dalamnya. Selain mendapatkan informasi terbaru, STAY juga dapat merasa lebih dekat dengan para personel sepertihalnya seorang teman.

Article Details

How to Cite
Tendean, M. A., & Utami, L. S. S. (2025). STAY dan Fenomena Interaksi Parasosial pada Aplikasi Bubble For JYPnation. Koneksi, 9(1), 50–58. https://doi.org/10.24912/kn.v9i1.27823
Section
Articles

References

Agatha, N. (2021, November 16). Lysn, Weverse Dan Bubble: Aplikasi Chat Dengan Idol Kpop Asli. Qwords.Com. Https://Qwords.Com/Blog/Lysn/

Fikriyah, F. (2022). Internalisasi Budaya Korean Wave Di Kalangan Pelajar K-Popers Di Sma Negeri 15 Surabaya. The Sociology Journal Paradigma, 11(1), 1–9. Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Paradigma/Article/View/50492

Karunia H, H., Ashri, N., & Irwansyah, I. (2021). Fenomena Penggunaan Media Sosial : Studi Pada Teori Uses And Gratification. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1). Https://Doi.Org/10.47233/Jteksis.V3i1.187

Kirana. (2021, May 3). Fenomenologi: Apa Yang Kita Rasakan Secara Indrawi Tidak Selalu Sama Dengan Yang Kita Maknai. Universitas Gadjah Mada Fakultas Ekonomika Dan Bisnis. Https://Feb.Ugm.Ac.Id/Id/Berita/3232-Fenomenologi-Apa-Yang-Kita-Rasakan-Secara-Indrawi-Tidak-Selalu-Sama-Dengan-Yang-Kita-Maknai#:~:Text=Fenomenologi%20bisa%20diartikan%20sebagai%20studi,Memberikan%20makna%20dari%20fenomena%20tersebut.

Mihardja, J., & Paramita, S. (2019). Makna Idola Dalam Pandangan Penggemar (Studi Komparasi Interaksi Parasosial Fanboy Dan Fangirl Army Terhadap Bts). Koneksi, 2(2). Https://Doi.Org/10.24912/Kn.V2i2.3915

Niken, C., Meliana, N. A., & Ginanjar, B. (2023). Eksplorasi Makna Dan Penggunaan Istilah Penggemar K-Pop Di Twitter. Parafrase : Jurnal Kajian Kebahasaan & Kesastraan, 23(1), 70–79. Https://Doi.Org/10.30996/Parafrase.V23i1.5952

Nugu, M. W., Manafe, Y. D., & Swan, M. V. D. P. (2020). Media Baru Dalam Konstruksi Jurnalis Media Cetak. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2). Https://Doi.Org/10.35508/Jikom.V9i2.2765

Nurfauziahqurra. (2020, November 16). Bagai Mimpi, Beginilah Stray Kids Terbentuk. Yoursay.Id. Https://Yoursay.Suara.Com/News/2020/11/16/115726/Bagai-Mimpi-Beginilah-Stray-Kids-Terbentuk

Sabila, S. M. (2022, July 6). Menyingkap Fenomena Parasosial Yang Kian Kompleks Di Era Digital. Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Yogyakarta. Https://Lldikti5.Kemdikbud.Go.Id/Home/Detailpost/Menyingkap-Fenomena-Parasosial-Era-Digital

Saifuddin, D. A., & Masykur, A. M. (2014). Interaksi Parasosial (Sebuah Studi Kualitatif Deskriptif Pada Penggemar Jkt48). Jurnal Empati, 3(4), 143–152. Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Empati/Article/Download/7568/7328

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif (H. Upu, Ed.; Cetakan Pertama). Pustaka Ramadhan.

Setyanto, Y., Winduwati, S., & Utami, L. S. S. (2017). Early Adolescent Behavior On Media Toward Idol Figure (Parasocial Study On Preliminary Youth As An Effect Of New Media) International Journal Of Communication And Media Studies, 7(3), 1–14. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/323471610_Early_Adolescent_Behavior_On_Media_Toward_Idol_Figure_Parasocial_Study_On_Preliminary_Youth_As_An_Effect_Of_New_Media

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.