Analisis Peran Tim Kreatif Riko The Series dalam Menghasilkan Konten Edukasi

Main Article Content

Ahsya Thalita Bustomi
Nigar Pandrianto

Abstract

The creative team is the crew involved in the creative stages of a movie. One of these creative stages is aimed at producing educational content. For example, the educational values contained in the animated film Riko The Series. This research uses a descriptive qualitative approach. Data collection was conducted using observation, interview, and documentation methods. Interviews were conducted with an organizational communication expert related to organizational communication that occurs in the creative team of Riko, the animated films series. Based on the results of the research, it was found that the creative team of Riko the Series animated film carried out the organizational communication process to launch the process or production stages of the animated film. In addition, it fulfills the creative stages and the production process to get educational content.


Tim kreatif merupakan kru yang terlibat pada tahapan kreatif suatu film. Tahapan kreatif tersebut salah satunya ditujukan untuk menghasilkan konten edukasi. Contohnya nilai-nilai edukasi yang terkandung dalam film animasi Riko The Series. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan seorang ahli komunikasi organisasi terkait komunikasi organisasi yang terjadi pada tim kreatif film animasi Riko the Series. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa tim kreatif film animasi Riko the Series menjalankan proses komunikasi organisasi untuk melancarkan proses atau tahapan produksi dari film animasi. Selain itu juga memenuhi tahapan kreatif, dan proses produksi untuk mendapatkan konten yang bersifat edukatif.

Article Details

How to Cite
Bustomi, A. T., & Pandrianto, N. (2024). Analisis Peran Tim Kreatif Riko The Series dalam Menghasilkan Konten Edukasi. Koneksi, 8(2), 481–489. https://doi.org/10.24912/kn.v8i2.27675
Section
Articles
Author Biographies

Ahsya Thalita Bustomi, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Nigar Pandrianto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Alfiah, W. (2023). Peran Tim Kreatif Dalam Mempertahankan Program Acara Berita“Riau Hari Ini.” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Asrini, S. W. (2022). Peran Tim Creative dalam Produksi Program Celebrity and Netizen di STARPRO Indonesia.

Edib, L. (2021). Menjadi Kreator Konten di Era Digital.

Fadhli, N. M. (2021). Strategi Komunikasi Organisasi Di MIS Azzaky Medan. 2(2). https://pusdikra-publishing.com/index.php/jesa/article/view/139/115

Hermandito, F. A., & Ramadhani, N. (2018). Perancangan Karakter Utama Serial Animasi “Little Bird” dengan Mengadaptasi Burung Endemik Indonesia.

Intan, T., Revia, B., & Erwita, A. (2019). Peningkatan daya saing produsen minuman herbal melalui pembuatan konten kreatif media sosial berbasis pemasaran e-marketing.

Latief, R., & Utud, Y. (2017). Siaran Televisi Non Drama: Kreatif, Produktif, Public Relations, dan Iklan - Rusman Latief, Yusiatie Utud - Google Books.

Manurung, I. F. U. (2020). Project Based Learning Activities: Media Powtoon dalam Pembelajaran IPA SD untuk Menganalisis Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa.

Nurbaiti, D., Nurjanah, S., Bisnis, F., & Teknologi dan Bisnis Kalbis, I. (2018). Pengaruh Konten Edukasi dan Konten Rekreasi Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya pada Keputusan Berkunjung. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3. www.kemenpar.go.id

Putra, D. (2023). Peran Tim Kreatif dalam Meningkatkan Eksistensi Program‟Talkshow” di UBTV Ujung Batu.

Rahma, A. N. (2018). Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Dialog Film Animasi Meraih Mimpi.

Riko the Series. (2023). Riko the Series.

Rosmawati, C., & Watini, S. (2023). Peran TV Sekolah sebagai Media Syiar Konten Edukasi bagi Anak Usia Dini. 7(1), 185–196. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3692

Saputra, R., & Yoedtadi, M. G. (2023). Strategi Menjaga Rating Program Junior MasterChef Indonesia Season 3 oleh Tim Kreatif. Kiwari, 2(2), 281–287. https://doi.org/10.24912/KI.V2I2.24014

Siregar, R. T. (Robert ), Enas, U. (Ujang ), Putri, D. E. (Debi ), Hasbi, I. (Imanuddin ), Ummah, A. H. (Athik ), Arifudin, O. (Opan ), Hanika, I. M. (Ita ), Zusrony, E. (Edwin ), Chairunnisah, R. (Reni ), Ismainar, H. (Hetty ), Syamsuriansyah, S. (Syamsuriansyah), Bairizki, A. (Ahmad ), Lestari, A. S. (Ambar ), & Utami, M. M. (Mira ). (2021). Komunikasi Organisasi. Komunikasi Organisasi, 1–7. https://repository.penerbitwidina.com/uk/publications/338840/

Sutriani, E., & Octaviani, R. (2019). Analisis Data dan Pengecekan Kebsahan Data.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>