Pemanfaatan Event oleh Kementerian Pertanian untuk Memperkenalkan Usaha Pertanian pada Masyarakat

Main Article Content

Juniko Simanjuntak
Yugih Setyanto

Abstract

The study aims to describe and identify efforts by the ministry of agriculture's public affairs affairs to manage the inspirational kekinian talk-show (TIKTalk) to introduce agriculture to the public. The approach used in this study is a qualitative approach with case study methods and with data retrieval techniques through participative observations, interviews, documenting. The research site for the ministry of agriculture's sub section of inter-society relations and sub sections of libraries, exhibits, and demonstrations. The study shows that the pr of the ministry of agriculture in its public communication is using media programs as intermediaries with the aim of educating today's policies for the development of agriculture and encouraging people especially today's youth to pursue a further investment in agriculture and yet to be limited in performing its role asa communication facilitator, which is linked to signals. Sometimes refining social media platforms, weather conditions, and inconsistency in carrying out the event plan.


Penelitian ini mendeskripsikan dan mengetahui upaya Biro Humas Kementerian Pertanian dalam mengelola acara Tani Inspiratif Kekinian Talkshow (TIKTalk) guna memperkenalkan usaha di bidang pertanian kepada masyarakat. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus serta dengan teknik pengambilan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dokumentasi. Lokasi penelitian ini pada Biro Humas Kementerian Pertanian Sub Bagian Hubungan Antar Lembaga dan Sub Bagian Perpustakaan, Pameran, dan Peragaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Humas Kementerian Pertanian dalam penyampaian komunikasinya kepada publik menggunakan media acara atau event sebagai perantara dengan tujuan mengedukasi kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah dalam bidang pertanian dan mengajak masyarakat khususnya anak muda untuk lebih mendalami usaha bidang pertanian.  Namun humas masih terbatas dalam menjalankan perannya sebagai fasilitator komunikasi. Hal ini disebabkan persoalan sinyal, gangguan pada platform social media, kondisi cuaca, hingga tidak konsisten dalam menjalankan perencanaan acara.

Article Details

How to Cite
Simanjuntak, J., & Setyanto, Y. (2023). Pemanfaatan Event oleh Kementerian Pertanian untuk Memperkenalkan Usaha Pertanian pada Masyarakat. Koneksi, 7(2), 400–408. https://doi.org/10.24912/kn.v7i2.21425
Section
Articles
Author Biographies

Juniko Simanjuntak, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

Yugih Setyanto, Universitas Tarumanagara

Fakultas Ilmu Komunikasi

References

Amellia, R. (2021). Implementasi Manajemen Event Pada Divisi Public Relations The Sunan Hotel Solo. Jurnal Komunika, 7(2), 1–16. https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JKOM/article/view/680/528

Fauzziya, P. M. N., & Nugraha, A. R. (2019). Pengelolaan Acara “Bandung Lautan Sepeda” Oleh Biro Humas Dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat. Scriptura, 9(2), 59–70. https://doi.org/10.9744/scriptura.9.2.59-70

Firmansyah, M. D. (2018). Manajemen Event 107,5 PRFM News Channel Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan (Deskriptif Analisis pada Event Buka Rekening BCA Bertaburan Hadiah di Kota Bandung). (Tesis Diploma, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6995

Ishak, A. (2012). Peran Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal Aspikom, 1(4), 373–380. http://dx.doi.org/10.24329/aspikom.v1i4.38

Lubis, E. E. (2012). Peran Humas dalam Membentuk Citra Pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1), 51–60. http://dx.doi.org/10.46730/jiana.v12i1.903

Rohman, Y. A., & Prananta, R. (2018). Sistem Pengelolaan dan Strategi Pemasaran Event Pariwisata di Nusa Dua. Journal of Tourism and Creativity, 2(1), 47–68. https://doi.org/10.19184/jtc.v2i1.13840

Sari Fadhilah, T. (2015). Pasanganku Sejenisku (Studi Kasus Tentang Gay yang Coming Out kepada Orang Tua). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(7), 1–16. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fipbk/article/view/197/178

Sukoco, I. (2013). Fungsi Public Relations Dalam Menjalankan Aktivitas Corporate Social Resposibility. Jurnal Dinamika Manajemen, 4(2), 188–198. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm/article/view/2762/2819

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>