Tipologi Feminisme Wanita Karier Dan Komunikasi Interpersonal Dengan Pasangan

Main Article Content

Eunike Tania
Pinckey Triputra
Septia Winduwati

Abstract

Penelitian ini mengangkat fenomena perempuan di Jakarta yang sudah berkeluarga dan terjun ke dalam pekerjaan publik. Tujuannya, peneliti mengelompokkan wanita karier di Jakarta ke dalam tipologi feminisme berdasarkan ciri dan karakteristik yang dimiliki. Selanjutnya, melihat komunikasi interpersonal antara wanita karier dengan pasangan berdasarkan tipologi feminisme yang dimiliki. Penelitian ini didasari oleh Teori Feminisme dan Teori Komunikasi Interpersonal. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif komparatif dengan teknik analisis data menggunakan uji cluster, crosstab dan chi square. Hasil dari penelitian ini yaitu terbentuk empat tipologi feminisme yaitu feminisme eksistensialis dan multikultural, feminisme modern, feminisme tradisional dan feminisme kritis. Lalu ditinjau dalam hal komunikasi interpersonal dengan pasangan yaitu feminisme eksistensialis dan multikultural, feminisme modern dan feminisme kritis memiliki komunikasi interpersonal yang baik kepada pasangan sedangkan feminisme tradisional memiliki komunikasi interpersonal yang cukup baik terhadap pasangan.

Article Details

How to Cite
Tania, E., Triputra, P., & Winduwati, S. (2018). Tipologi Feminisme Wanita Karier Dan Komunikasi Interpersonal Dengan Pasangan. Koneksi, 1(2), 340–346. https://doi.org/10.24912/kn.v1i2.2002
Section
Articles

References

Fakih, Manosur. (1999). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irawan, Prasetya. (2006). Penelitian Kualitatif & Kuantitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. DIA FISIP UI.

Prasetyo, Bambang., & Lina Miftahul Jannah. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Tong, Rosemary Putnam. (2008). Feminist Thought. Jalasutra: Yogyakarta

Husna, Fauziatul. Analisis Sejarah Perkembangan Feminisme di Indonesia dalam Kacamata Teori Habitus Pierre Bourdieu diakses pada 3 Oktober 2017.<http://www.academia.edu/3616511/Analisis_Sejarah_Perkembangan_Feminisme_di_Indonesia_dalam_Kacamata_Teori_Habitus_Pierre_Bourdieu>

Pratiwi, Andi Misbahul. (2016). Gerakan Perempuan dan Wacana Feminisme di Indonesia. 27 September 2016. <http://www.jurnalperempuan.org/berita/gerakan-perempuan-dan-wacana- feminisme-di-indonesia>, diakses pada 3 Oktober 2017.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>