Pengaruh Iklan Billboard Gojek Versi #UninstallKhawatir Terhadap Brand Awareness
Main Article Content
Abstract
Digital era already begun now it is the time of internet make everything so practical and lead many improvements for many fields, as one of it is business, business industry is developing so fast using digital media making new start-up businesses that need promotion to reach the society, this research purpose is to find Gojek #UninstallKhawatir billboard print-ads effect to Gojek’s brand awareness measured using AIDA: Attention, Interest, Desire, and Action. The research method is quantitative method using surveying. The technical field-research is using non-probability technique with the style of purposive sampling, the respondent was 30 people for pre-test and 50 people for post-test. Data technique collected by questionnaire and books study. The tests included are validity test, reliability test, normality test. Data analysis is using determination coefficient determination, simple regression analysis, T-test, F-test. The correlation coefficient result is 0,826 which shows strong link between variables, and determination coefficient’s result is 68% of brand awareness: AIDA affected by Gojek’s billboard print-ads. The conclusion of this research is “Reminder” that is in advertising purpose theory is the one that influences the “interest” level of brand awareness measured by AIDA.
Era digital yang membuat semua hal menjadi lebih praktis membawa perkembangan pada banyak bidang, salah satunya bisnis, bisnis yang terus berkembang dengan menggunakan media digital melahirkan banyak bisnis baru yang membutuhkan media promosi untuk mencapai khalayak ramai, penelitian berikut bertujuan untuk mencari pengaruh iklan Gojek versi #UninstallKahwatir di billboard terhadap brand awareness yang diukur dengan AIDA: Attention, Interest, Desire, & Action. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan metode kuantitatif dan berjenis survey. Teknik yang digunakan adalah non-probability dengan sampel dari purposive sampling, jumlah responden adalah 30 orang untuk pre-test dan 150 orang untuk post-test. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan studi kepustakaan. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan normalitas. Data dianalisis dengan koefisien determinasi, analisis regresi sederhana, uji T dan uji F. Hasil dari koefisien korelasi sebesar 0,826 yang berarti ada hubungan yang kuat antar variabel, dan untuk koefisien determinasi mendapat hasil 68% brand awareness: AIDA dipengaruhi iklan billboard Gojek. Dimensi “pengingat” pada fungsi iklan (Variabel X) adalah dimensi yang paling menonjol dari variabel iklan dan dimensi ini adalah yang mempengaruhi dimensi “interest” pada Brand Awareness: AIDA (Variabel Y)
Article Details
References
Eka, Aryan. (2017). Start-up Digital Business: Sebagai Solusi Penggerak Wirausaha Muda. Jurnal NUSAMBA, 2 (1): 2 https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/manajemen/article/view/701
Estherina, Vera. (2014). Hubungan Terpaan Iklan Billboard Erha Clinic dengan Motivasi Pria Menggunakan Pelayanan Erha Clinic di Surabaya. Journal Universitas Airlangga.
Junaedi, Fajar. (2013). Komunikasi Politik: Teori, Aplikasi, dan Strategi di Indonesia. Yogyakarta: Buku Litera.
Kotler, Phillip., dan Keller, Kevin Lane. (2012). Marketing Management. 14th ed. Global Edition. Pearson Prentice Hall, Inc.
Morisan, MA. (2010). Periklanan: komunikasi pemasaran terpadu, Jakarta: edisi pertama, pemada media group.
Mutiara, Desty Agitha. (2016). Studi Deskriptif Mengenai Body Image Pada Wanita Usia Dewasa Awal yang Aktif Menggunakan Media Sosial di Kota Bandung. Jurnal Universitas Islam Bandung. http://repository.unisba.ac.id/handle/123456789/4250
Pambudi, Mohammad., & Wicaksono Ary, (2016). Pengaruh Iklan dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka. E-Journal Manajemen Unud, 5 (8).
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/22531
Prasetya, Gidion. (2010). Pengaruh Faktor Informatif, Persuasif, dan Pengingat pada Iklan Tarif AXIS di Televisi Terhadap minat Beli Konsumen. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id/14328/2/052214022_Full.pdf
Putra, Nico. (2018). Pengaruh Terpaan Iklan Billboard Lazada Versi “Terbalik” dan Promosi Word of Mouth Terhadap Tingkat Kesadaran Merek Lazada. Prologia. https://journal.untar.ac.id/index.php/prologia/article/view/3729
Rangkuti, Freddy. (2013). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Jakarta: edisi pertama, gramedia group.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta
Tulasi, Dominikus. (2012). Marketing Communication dan Brand Awareness. E-journal Binus, 3 (1). https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/view/3253