Pengaruh Terpaan Iklan Billboard Lazada Versi Terbalik dan Promosi Word of Mouth Terhadap Tingkat Kesadaran Merek Lazada

Nico Putra, Widayatmoko Widayatmoko
| Abstract views: 208 | views: 165

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana terpaan iklan billboard dan kegiatan promosi word of mouth dapat berpengaruh terhadap tingkat kesadaran merek. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori periklanan, komunikasi pemasaran terpadu, word of mouth, dan kesadaran merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik penelitian yang digunakan adalah non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji multikolinearitas. Analisis data dilakukan dengan menggunakan koefisien korelasi berganda, koefisien determinasi, analisis regresi linier berganda, uji T dan uji F. Hasil dari uji koefisien korelasi berganda menunjukkan angka 0,624 yang artinya memiliki hubungan antar variabel yang kuat, sedangkan pada koefisien determinasi didapatkan hasil sebesar 38,9% tingkat kesadaran merek Lazada dipengaruhi oleh terpaan iklan billboard Lazada dan promosi word of mouth. Hasil uji T variabel X1 diketahui bahwa Ha ditolak dan Ho diterima, artinya terpaan iklan billboard Lazada tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kesadaran merek Lazada. Sedangkan hasil uji T variabel X2 diketahui bahwa Ha diterima, artinya promosi word of mouth berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kesadaran merek Lazada. Berdasarkan hasil uji F diketahui Sig 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya variabel terpaan iklan billboard Lazada dan promosi word of mouth secara bersamaan berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kesadaran merek Lazada.

Keywords

Terpaan Iklan Billboard, Promosi Word of Mouth; Tingkat Kesadaran Merek

Full Text:

PDF

References

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana

Morissan. (2015). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana

Sumardy. (2011). The Power of Word of Mouth Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hermawan, Agus. (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Nazir, Mohammad. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Mutiara dan Febrina. (2013). Pengaruh Iklan Okezone.com di Media Cetak Terhadap Brand Awareness.

Ilmu Administrasi Niaga: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2015-09/S45062-Mutiara%20Windalita

Estherina, Vera. (2014). Hubungan Antara Terpaan Iklan Billboard Erha Clinic dengan Motivasi Pria Menggunakan Pelayanan Erha Clinic di Surabaya.

Universitas Airlangga

(http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-commbcb34372772full.pdf)

Mohammad Pambudi dan Ni Ketut Seminari. (2016). Pengaruh Iklan dan Word of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka.

Universitas Udayana Bali: Fakultas Ekonomi dan Bisnis

https://media.neliti.com/media/publications/250770-pengaruh-iklan-dan-word-of-mouth-terhada-9f9de966.pdf

www.marketeers.com/

Copyright (c) 2019 Prologia
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.