Fungsi Marketing Public Relation (MPR) dalam Membangun Brand Awareness pada PT. Compro Kotak Inovasi

Jessica Jessica, Yugih Setyanto

Article Metrics

Abstract view : 173 times

Abstract

Penelitian ini berfokus kepada kegiatan- kegiatan marketing public relations yang terjadi pada PT. Compro Kotak Inovasi yang dilaksanakan dan dibuat dengan sengaja demi membangun Brand Awareness atau kesadaran merek pada konsumen dan calon konsumen serta masyarakat luas. Maksud dari penelitian ini adalah penulis akan menunjukkan apa saja kegiatan MPR yang terjadi dan juga peran atau fungsi dari MPR dalam membangun Brand Awareness tersebut. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah MPR dan Brand Awareness. Subyek dari penelitian ini adalah fungsi kegiatan MPR, dan obyek dari penelitian ini adalah PT. Compro Kotak Inovasi. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi, studi kepustakaan dan penelusuran data online. Hasil penelitian ini adalah bahwa MPR dan kegiatan MPR sangatlah penting dilakukan demi membangun Brand Awareness perusahaan. Divisi PR/MPR walaupun dapat dijalankan oleh divisi lain, akan lebih baik jika terdapat divisi PR sendiri agar lebih fokus melaksanakan fungsi PR. Kegiatan yang dilakukan adalah publikasi (terbitan), acara-acara, kegiatan layanan masyarakat, dan media identitas. Kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan demi membangun kesadaran merek pada perusahaan, dan sudah terlaksana dengan tepat, sehingga kesadaran merek mulai terbangun.

Keywords

Marketing Public Relations, Kegiatan, Brand Awareness, PT. Compro Kotak Inovasi

References

Bungin, Burhan. (2004). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan

Publik dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Dini. (2015). Fungsi Teknologi dan Informasi dalam Kehidupan. (http://dosenit.com/kuliah-it/teknologi-informasi/fungsi-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-kehidupan diakses pada 15 September 2017 pukul 09.00 WIB).

Effendy. (2009). Human Relations & Public Relations. Bandung: Mandar Maju.

Harris, Thomas L. (1991). The Marketer's Guide to Public Relations. New York: John Wiley & Sons Inc.

Indah Permata Sari & Tony.(2013). Brand Awareness Audience Terhadap Daya Tarik Humor Dalam Televisi Iklan Axis Versi Kembalian Lima Ratus. Jakarta: Universitas Tarumanagara. Jurnal Komunikasi.

Jefkins, Frank. (2003). Public Relations. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. (2008). Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.

______. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga

Rahmayani, Indah. (2015). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Dunia.

(https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media diakses pada tanggal 15 September 2017 pukul 10.00 WIB)

Ruslan, Rosady. (2002). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi, Edisi Revisi, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Copyright (c) 2018 Prologia

Refbacks

  • There are currently no refbacks.