Strategi Kreatif Web Series Hanna Approved di Instagram dalam Membangun Brand Image C Channel Indonesia
Main Article Content
Abstract
The development of technology in the digital era has made internet users in Indonesia soar. Business people are encouraged to create creative strategies to market the goods or services offered. By using Instagram's IGTV feature, C Channel Indonesia created a web series entitled Hanna Approved as a creative strategy in building a brand image. A web series is a concept video that is generally 1-15 minutes long and episodic in form. The message to be conveyed through this web series is to provide education about beauty to women in Indonesia. The message is processed into a video tutorial with the hope of building the brand image of C Channel Indonesia as the No.1 digital-based female media and community in Asia. The method used in this research is qualitative with a case study approach. This study aims to determine the process of creative strategy carried out by C Channel Indonesia in building a brand image. To collect data, researchers conducted observations, interviews, documentation studies, and online data search. The creative strategy process carried out by C Channel Indonesia starts from conducting research, analysis, determining strategy, and ending with execution.
Perkembangan teknologi di era digital membuat pengguna internet di Indonesia ikut melambung tinggi. Para pelaku bisnis didorong untuk membuat strategi kreatif untuk memasarkan barang atau jasa yang ditawarkan. Dengan menggunakan fitur IGTV yang dimiliki Instagram, C Channel Indonesia membuat sebuah seri web berjudul Hanna Approved sebagai strategi kreatif dalam membangun citra merek. Seri web adalah sebuah konsep video yang pada umumnya berdurasi 1-15 menit dan berbentuk episodik. Pesan yang ingin disampaikan melalui seri web tersebut adalah memberikan edukasi seputar kecantikan kepada perempuan di Indonesia. Pesan tersebut diolah menjadi sebuah video tutorial dengan harapan dapat membangun citra merek C Channel Indonesia sebagai digital based female media and community No.1 di Asia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses strategi kreatif yang dilakukan oleh C Channel Indonesia dalam membangun sebuah citra merek. Untuk mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi, wawancara, studi dokumentasi, dan penelurusan data online. Proses strategi kreatif yang dijalankan C Channel Indonesia mulai dari melakukan riset, analisis, menentukan strategi, dan berujung pada eksekusi.
Article Details
References
Alfajri, Iqbal, Irfansyah, & Isdianto, B. (2014). Analisis Web Series Terhadap Film Pendek (Studi Kasus Web Series 'Malam Minggu Miko' Episode 'Nissa'). Jurnal Komunikasi Visual dan Multimedia, 6(1), 31.
Chika, J., & Candraningrum, D., A. (2020). Strategi Digital Content Marketing Toyota Yaris Melalui Webisode “Mengakhiri Cinta dalam Tiga Episode”. Prologia, 4(1), 186-193.
Ginting, I. (2017). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Maskapai Penerbangan Air Asia sebagai Low Cost Carrier. Jurnal Mahasiswa Manajemen Universitas Tanjungpura, 6(2), 1-14.
Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kriyantono, R. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Moriarty, S. & Dkk. (2011). Advertising edisi kedelapan. Jakarta: Kencana
Muktaf, Z. M. (2015). Periklanan Sebuah Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Buku Litera.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial; Persfektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Jakarta: Simbiosa Rekatama Media.
Sugiarto, E. (2015). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif: Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69-74.