Analisis Strategi Kreatif Iklan Yellow Fit di Media Sosial Instagram dalam Melakukan Positioning Sebagai “#1 Diet & Healthy Catering”
Main Article Content
Abstract
Digitalization has changed many aspects in the business world, one of which is the world of advertising. This change makes every business actor must be able to adapt to the progress of the times so as not to be forgotten by society. Same thing with the world of advertising which has to be more creative every day. One business that applies a creative strategy is Yellow Fit. This study aims to determine the creative advertising strategy carried out by the diet food catering company Yellow Fit. The main theory used is the theory of creative advertising strategy, marketing communication, and brand positioning. The research method used is a qualitative method with a descriptive case study approach. Data collection was carried out by in-depth interviews, literature study, and observation. The results of this study indicate that Yellow Fit uses generic creative strategies and brand positioning in doing digital marketing on their Instagram social media.
Digitalisasi telah mengubah banyak aspek dalam dunia bisnis, salah satunya adalah dunia periklanan. Perubahan ini membuat setiap pelaku usaha harus mampu beradaptasi dengan kemajuan zaman agar tidak dilupakan oleh masyarakat. Sama hal nya dengan dunia periklanan yang harus menjadi lebih kreatif setiap hari. Salah satu bisnis yang menerapkan strategi kreatif adalah Yellow Fit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif periklanan yang dilakukan oleh perusahaan katering makanan diet Yellow Fit. Teori utama yang digunakan adalah teori strategi kreatif periklanan, komunikasi pemasaran, dan brand positioning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, studi kepustakaan, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Yellow Fit menggunakan strategi kreatif generik dan brand positioning dalam melakukan pemasaran digital di media sosial instagram mereka.
Article Details
References
Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Konten prank Yudist Ardhana). Prologia, 2(2), 495.
Kusuma, D. F., & Sugandi, M. S. (2019). Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital Yang Dilakukan Oleh Dino Donuts. Jurnal Manajemen Komunikasi,
Nurfebiaraning, S. (2016). Strategi Kreatif Pesan Video Advertising “OREO Penuh Keajaiban” pada YouTube. 4(1).
Raco, J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya.
Ricko, R., & Junaidi, A. (2019). Analisis Strategi Konten Dalam Meraih Engagement pada Media Sosial Youtube (Studi Kasus Froyonion). Prologia, 3(1), 231.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian.
Susila, I. (2015). Pendekatan kualitatif untuk riset pemasaran dan pengukuran kinerja bisnis.
William, W. (2015). Analisis strategi destination branding the breeze BSD city dalam membentuk brand positioning sebagai “The ultimate outdoor lifestyle excitement” (Periode 2014).
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hl=id&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Susila, I. (2015). Pendekatan kualitatif untuk riset pemasaran dan pengukuran kinerja bisnis. http://journals.ums.ac.id/index.php/benefit/article/view/1413
William, W. (2015). Analisis strategi destination branding the breeze BSD city dalam membentuk brand positioning sebagai “The ultimate outdoor lifestyle excitement” (Periode 2014).