Mengukur Pengaruh Kreativitas: Campaign “Hot Chilli Chicken” terhadap Brand Awareness KFC di Instagram
Main Article Content
Abstract
This research aims to assess the creative impact of the "Hot Chilli Chicken" social media campaign on KFC Brand Awareness on the Instagram platform. This research uses theoretical foundations from the fields of advertising, advertising creativity, new media, and brand awareness. KFC, a fastfood restaurant that specializes in producing and selling fried chicken originating from the United States, started its operations in Indonesia in 1978. The research method applied was a quantitative method combined with a survey method. The research population involved Instagram users who follow the official KFC account, with a sample of 125 people selected using a non-probability sampling approach and purposive sampling technique. Data was collected through questionnaires. The research results show that there is a simultaneous impact between the creativity of the "Hot Chili Chicken" advertising campaign via social media on KFC brand awareness on Instagram. From the results of the analysis and discussions carried out, it can be concluded that the use of new media in advertising creativity has an influence on perceptions of the KFC brand.
Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak kreativitas kampanye sosial media "Hot Chilli Chicken" terhadap Brand Awareness KFC di platform Instagram. Riset ini menggunakan landasan teori dari bidang iklan, kreativitas iklan, new media, dan brand awareness. KFC, sebuah restoran cepat saji yang khusus memproduksi dan menjual ayam goreng dengan asal daging ayam dari Amerika Serikat, memulai operasinya di Indonesia pada tahun 1978. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode kuantitatif yang dikombinasikan dengan metode survei. Populasi penelitian melibatkan pengguna Instagram yang mengikuti akun resmi KFC, dengan sampel sebanyak 125 orang yang dipilih menggunakan pendekatan non-probability sampling dan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak secara bersamaan antara kreativitas kampanye iklan "Hot Chili Chicken" melalui media sosial terhadap kesadaran merek KFC di Instagram. Dari hasil analisis dan diskusi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media baru dalam kreativitas periklanan memiliki pengaruh terhadap persepsi terhadap merek KFC.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Prologia Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.References
Adi, P. E. (2016). Pengaruh Kreativitas Iklan, Unsur Humor, dan Kualitas Pesan Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Televisi Aqua “Versi Ada Aqua". Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), 5(2). https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/jmbi/article/view/5019
Andiyaksa, M., & Khasanah, I. (2017). Pengaruh Pesan Iklan, Kreativitas Iklan, Kredibilitas Celebrity Endorser dan Media Komunikasi Terhadap Efektivitas Iklan Dalam Menumbuhkan Brand Awareness Produk Sampo Lifebuoy. Diponegoro Journal of Management, 6(2). https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/17486
Christian, C., & Sukendro, G. (2019). Kreatif Hashtag (Analisis Deskriptif Makna Penggunaan Hashtag Pada Iklan Tokopedia #MulaiAjaDulu Di Youtube). Prologia, 3(1), 54. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6206
Defrianto, D., & Loisa, R. (2019). Efektivitas Social Media Marketing E-Commerce dalam Meningkatkan Brand Image Perusahaan (Survei Pada Pelanggan Tokopedia). Prologia, 3(2), 505–511. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6398
Jaiz, M. (2014). Dasar-dasar periklanan (Cet. 1). Yogyakarta : Graha Ilmu. https://grahailmu.co.id/previewpdf/978-602-262-172-0-1218.pdf
Marta, F. R., & William, M. D. (2017). Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo!(Analisis Eksplanatif pada Komunitas Food Blogger#WTFoodies). Jurnal Komunikasi. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/50/53
Pradipta, W. R. (2020). Pemanfaatan Media Instagram Dalam Menjaga Loyalitas Pelanggan PT. KAI (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pengguna Akun Instagram PT. Kereta Api Indonesia di Bandung) [Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48985
Priansa, J. D. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu pada era media sosial .
Rusdi, F., Paramita, S., & Putra, J. S. P. W. (2015). Analisis Penggunaan New Media Oleh Pelaku UKM (Usaha Kemandirian Masyarakat) di Kampung Cyber Yogyakarta. Universitas Tarumanagara.
Sugiyono. (2013). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. ALFABETA.