Strategi Promosi Karya Musik Label Musik Bagus Indonesia melalui Akun Instagram @musikbagusrecords

Main Article Content

Cheyene Nadine Roseline
Moehammad Gafar Yoedtadi

Abstract

Social media has become one of the primary needs of everyone. Many things can be done on social media, one of which is as a place to do marketing or promotion. Whatever products and services are offered have a very big chance of being sold on social media. Currently, there are so many kinds of social media used for promotion, one of which is Instagram. So many industries use Instagram as a tool for marketing or promoting the products and services offered, and it is possible for music labels that use Instagram as a tool to promote the music works owned by musicians contained in the music label. One of the music labels that uses Instagram social media as a forum to promote the musical works of the creators under its auspices is the Musik Bagus Indonesia label. The purpose of this research is to find out how the promotion strategy carried out by Musik Bagus Indonesia for the music works of its musicians using Instagram. This research uses a qualitative approach with the method of case studies. The data collection method in this research is by means of interviews, observation, and documentation. The result of this research is the utilization of Instagram social media by uploading creative content that informs, persuades, increases and can modify public behavior.


Media sosial telah menjadi salah satu bagian yang sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Banyak yang dapat dilakukan dalam media sosial, salah satunya adalah untuk melakukan pemasaran atau promosi. Sangat besar peluang untuk terjual ketika menawarkan produk dan jasa di media sosial. Salah satu media sosial yang digunakan sebagai sarana untuk melakukan promosi, yaitu Instagram. Begitu banyak industri yang menggunakan Instagram sebagai alat untuk melakukan pemasaran atau promosi terhadap produk dan jasa yang ditawarkan, dan tak menutup kemungkinan bagi label musik untuk menggunakan Instagram sebagai alat untuk melakukan promosi karya-karya musik yang dimiliki oleh musisi suatu label musik. Salah satu label musik yang menggunakan media sosial Instagram sebagai wadah untuk mempromosikan karya musik para pencipta di bawah naungannya yaitu label Musik Bagus Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Musik Bagus Indonesia bagi karya-karya musik para musisinya menggunakan Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan media sosial Instagram dengan melakukan pengunggahan konten-konten kreatif yang sifatnya memberitahu, membujuk, meningkatkan serta dapat memodifikasi tingkah laku publik.

Article Details

How to Cite
Roseline, C. N., & Yoedtadi, M. G. (2024). Strategi Promosi Karya Musik Label Musik Bagus Indonesia melalui Akun Instagram @musikbagusrecords. Prologia, 8(1), 202–209. https://doi.org/10.24912/pr.v8i1.27638
Section
Articles

References

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional.

Arifien, S. A. (2017). Penggunaan Bimbingan dan Konseling Individu Dalam Menangani Permasalahan Transeksual Femalo To Male Dengan Menggunakan Pendekatan Feminisme (Studi Kasus di SMP Negeri 12 Bandar Lampung). UIN Raden Intan Lampung.

Azeharie, S., & Sari, W. P. (2015). Penyingkapan Diri Ibas Yudhoyono Dalam Instagram Dan Reaksi Ani Yudhoyono Terhadap Postingan Instagram Ibas. Komunikasi, 7, 108–117.

Fatkhia, A. R. (2015). Strategi Branding Aqiqoh Nurul Hayat Cabang Kediri dalam Memersuasi Konsumen. IAIN Kediri.

Harry, B. (2013). Menggunakan Instagram Sebagai Media Pemasaran.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Muliyati. (2022). Komunikasi Pemasaran. PT.GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI. http://repo.ppb.ac.id/286/1/E Book Komunikasi Pemasaran Des 2022_compressed.pdf

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi (N. S. Nurbaya (ed.)). Simbiosa Rekatama Media.

Riduwan, & Akdon. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulianta, F. (2015). Keajaiban Sosial Media. Elex Media Komputindo.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (4th ed.).